Satgas Pamtas Yonmek 516/CY Kembali Temukan Ladang Ganja di Perbatasan RI - Papua Nugini

Minggu, 04 September 2016 01:57 WIB

BANGSAONLINE.com - Batalyon Infanteri Makanis (Yonmek) 516/Caraka Yudha, yang tengah melaksanakan tugas di perbatasan Republik Indonesia (RI) - Nugini (PNG) kembali menemukan ladang ganja, Kamis (01/09) kemarin.

Penemuan ini saat Satgas Yonif Mekanis 516/CY tengah bertugas dalam rangka pencegahan dan pemberantasan pelanggaran ilegal di wilayah perbatasan darat RI-PNG. 

Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menyampaikan, ladang ganja tersebut ditemukan saat satgas yang dipimpin Komandan Kompi C Satgas Yonif Mekanis 516/CY Lettu Inf Agung Sedayu sedang berpatroli keamanan di daerah sekitar Kampung Send. 

Berawal dari informasi yang diperoleh dari salah satu warga Arso Kota, yakni James (bukan nama sebenarnya), 24 tahun. Saat itu James yang sedang berobat di Pos Kesehatan Kout Satgas Yonif Mekanis 516/CY menceritakan kepada Bintara Kesehatan Serda Susianto bahwa di daerah perbatasan tepatnya di daerah Distrik Waris sering terjadi penebangan liar (illegal logging). Selain itu, ia mengetahui di sana juga sering dipakai untuk menanam ganja oleh orang tak dikenal.

Dari informasi itulah, Staf Intel Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Sertu Alif Sabila, akhirnya melakukan pendalaman. Hasilnya kemudian dilaporkan kepada Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim.

Selanjutnya, Letkol Inf Lukman Hakim memerintahkan Komandan Kompi C Lettu Inf Agung Sedayu untuk melaksanakan patroli keamanan di daerah tersebut.

Dengan menelusuri medan yang sulit berupa lebatnya hutan serta sungai, tim patroli keamanan terus memasuki hutan di wilayah sekitar Kampung Send. Benar saja, di dalam hutan tersebut tim banyak menemukan bekas pohon yang ditebang.

Melihat kondisi hutan yang banyak ditemukan bekas bekas pohon yang ditebang, Lettu Inf Agung Sedayu kemudian mengumpulkan anggota patroli dan melaksanakan briefing. Ia memerintahkan anggota patroli untuk memeriksa dan melaksanakan pembersihan di lokasi tersebut, untuk menemukan pelaku penebangan liar (illegal logging).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Dansatgas Pamtas Yonif 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si

 

sumber : Dansatgas Pamtas Yonif 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si

 Tag:   TNI Papua

Berita Terkait

Bangsaonline Video