Kerajinan Seni Topeng Barongan Naga khas Jombang Tembus Bali | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kerajinan Seni Topeng Barongan Naga khas Jombang Tembus Bali

Editor: Choirul
Wartawan: Rony Suhartomo
Selasa, 23 Agustus 2016 11:41 WIB

Purwadi sedang mengerjakan topeng barongan. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kota Santri memang memiliki perajin beragam benda-benda seni. Mulai dari jenis logam, bambu, kayu, lukisan, kaligrafi, kulit dan karya seni lainnya. 

Nah, ini ada satu seniman perajin topeng yang sejak beberapa tahun terakhir mulai dikenal luas di masyarakat. Ya, kalau di Bali ada Topeng Barongan Singa, maka di ada Topeng Barongan ular naga.

Seperti halnya yang digeluti Purwadi, warga pendatang dari luar kota yang kini menetap di Dusun Kalijaring, Desa Kalikejambon, Tembelang, ini, mampu menyulap dari sebongkah kayu kenanga menjadi kesenian tradisional yang mempunyai sisi seni eksentrik. ”Kalau barongan memang khas dari pulau Bali, namun kalau barongan ular naga, khasnya ,’’ katanya.

Awalnya, ia adalah seniman yang mengikuti sebuah pameran keliling kota. Sembari dirinya keliling, ia pula belajar dari tempat ia berhenti. ”Jadi dahulu kalau berhenti di Kediri belajar cara membuat jeplapokan, saat di Malang saya belajar membuat bantengan, kalau di Nganjuk belajar membuat kuda lumping,’’ sambung lelaki anak satu ini. 

Nah, dari situ ia mulai belajar membuat warna kesenian sendiri. Karena mempunyai referensi yang banyak, ia mengembangkan jiwa seninya di . ”Sejak saya keluar dari pekerjaan lama saya (seniman keliling, Red) saya belajar membuat sendiri,’’ imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jombang seni jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video