Ini Cara Lintas Iman Jombang Peringati HUT Kemerdekaan, Ngopi dan Refleksi di Kedai Sufie | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Cara Lintas Iman Jombang Peringati HUT Kemerdekaan, Ngopi dan Refleksi di Kedai Sufie

Editor: nur s
Wartawan: romza
Senin, 22 Agustus 2016 12:23 WIB

Masyarakat lintas iman Jombang saat refleksi kemerdekaan, Minggu (21/8). Doa bersama lintas iman untuk bangsa Indonesia. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bersatu dalam kebhinekaan, itulah yang menjadi semangat kebangsaan masyarakat lintas iman di Kabupaten Jombang berkumpul merefleksikan kemerdekaan RI di Kedai Sufie, Minggu (21/8) malam. Sembari menikmati kopi, mereka berdiskusi tentang sejarah perjalanan keberagaman di republik ini.

Tak hanya dalam pandangan sosial, anak-anak bangsa dari berbagai agama ini juga membincang keberagaman dari aspek kebudayaan. Pendeta Chrysta Andreas, Majelis Agung GKJW mengatakan, Indonesia adalah bangsa maritim, yang batas-batas dan sekat-sekatnya menjadi sesuatu yang dinamis. Baginya, apapun agamnya harus tetap melebur menjadi satu. Semua elemen bangsa merupakan saudara.

“Ketika yang berbeda-beda tidak menganggap seduluran (saudara, red), maka bangsa kita sedang mengalami destruksi budaya. Sebuah mentalitas dan cara pandang yang miskin perjumpaan. Sebuah kearifan lokal yang menjadi nilai luhur bangsa Indonesia,” kata pendeta yang mengajar di Balewiyoto Malang tersebut.

Sempat dipaparkan dalam forum tersebut, berdasarkan hasil Penelitian Wahid Institute, setidaknya ada 500 ribu orang siap untuk menyebarkan paham radikalisme di Indonesia ini. Dari tahun 2004 – 2010, terdapat 4000-an tempat ibadah yang disegel, ditutup dan dibakar oleh kelompok garis keras atau kelompok intoleran.

“Bahkan di Lombok Timur, ada kelompok Ahmadiyah yang diganggu saat sholat tarawih. Pengusiran tersebut dilakukan oleh aparat desa. Dipaksa untuk konversi keyakinan dan keluar dari Ahmadiyah,” ujar Sajid seorang Ahamadiyah yang ikut nimbrung dalam refleksi tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video