Setoran Kurang 7 Juta Euro, Musim Rio Haryanto Berakhir Lebih Cepat

Rabu, 10 Agustus 2016 22:28 WIB

Rio Haryanto harus terdepak dari Tim Manor Racing lantaran tidak mampu melunasi kekurangan dana sponsor 7 juta euro dari kontrak awal sebesar 15 juta euro.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tim Manor Racing secara resmi menyatakan telah memutuskan kontrak dengan pembalap Indonesia, Rio Haryanto. 

Dalam pernyataan resminya Manor menyatakan bahwa Rio tak mampu memenuhi kewajibannya seperti tertuang dalam kontrak. Rio gagal memenuhi kewajiban pendanaan sebesar 15 juta euro. Dia hanya sanggup memberikan 8 juta euro saja sehingga kekurangan dana sebesar 7 juta euro.

Manor menyatakan akan tetap mendukung Rio tetap bertahan di ajang Formula 1. Mereka menawarkan Rio untuk menjadi pembalap cadangan Manor. Selanjutnya, Rio akan diganti pebalap junior Marcedes Esteban Ocon. Pembalap Prancis berusia 19 tahun itu akan menjadi pengemudi Manor dalam sembilan race yang tersisa pada lomba Formula 1 musim ini.

PR & Direktur Komunikasi Manor Racing, Tracy Novak, mengatakan, Esteban akan memulai debutnya pada race ke-12 di Belgia, 28 Agustus mendatang.

Ocon sendiri mengaku sangat senang bergabung dengan Manor Racing. "Saya senang dan tak sabar untuk melakukan debut dengan Manor Racing akhir bulan ini," kata dia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih Renault Sport F1 Team dan Mercedes-Benz atas kerjasamanya untuk membuat hal ini terjadi, dan untuk Manor Racing atas kesempatan yang diberikan."

Ocon mengaku sudah mengunjungi Manor Technical Centre dan sudah menyesuaikan kursi mobil. "Sehingga kami akan siap berlaga setelah liburan musim panas," kata dia. "Mereka telah melakukan pekerjaan yang besar musim ini dan saya senang bahwa saya akan membantu mereka untuk membangun kemajuan itu. Saya tidak sabar untuk memulai."

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan senang menyambut Esteban ke Manor Racing untuk sisa musim ini. "Dia jelas salah satu bintang dari F1, bersinar dalam peran pembalap cadangan dengan Renault, sementara juga berkompetisi di DTM dengan Mercedes-AMG tahun ini," kata Ryan.

Manajemen tim Manor Racing memutuskan untuk mengakhir kontrak Rio Haryanto setelah pembalap Indonesia itu tak mampu memenuhi kewajiban kontraknya, yakni pembayaran dana untuk paruh kedua balapan musim ini.

Sementara Rio Haryanto, mengaku kecewa dengan pemutusan kontrak balap di Formula 1 oleh Manor Racing Team. Namun, dia tak bisa berbuat apa-apa karena pendanaan yang didapatkannya tak bisa memenuhi kewajiban seperti yang tertuang dalam kontrak dengan Manor.

Rio menyatakan dia tetap merasa bersyukur bisa merasakan kerasnya balap mobil paling bergengsi sejagat itu musim ini. Dia pun berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia selama dia membalap sebanyak 12 seri hingga GP Jerman dua pekan lalu.

"Terima kasih atas support yang sangat besar dari masyarakat Indonesia, sayangnya musim ini harus berakhir di seri GP Jerman karena support dana tidak ada lagi untuk memenuhi persyaratan kontrak Manor," ujarnya. (detikcom)

 

sumber : detikcom