Festival Karawitan Buka Rangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 di Banyumas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Festival Karawitan Buka Rangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 di Banyumas

Wartawan: Dicky Edyano
Senin, 08 Agustus 2016 15:29 WIB

Bupati Banyumas, Achmad Husein saat membuka festival Karawitan.

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Festival Karawitan menjadi acara pembuka rangkaian kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 di Kabupaten , Senin (8/8). Festival yang digelar di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwakerta ini dibuka langsung oleh Bupati , Ir H. Achmad Husein.

Husein menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan festival atau lomba karawitan gending-gending an tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi salah satu upaya agar generasi muda di mengenal dan mencintai budayanya sendiri.

“Saya sangat bangga. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik. Harapannya baik penyelenggaraan maupun peserta, juga semakin baik. Saya berharap ke depan ada inovasi-inovasi yang lebih membuat generasi muda atau masyarakat yang tadinya tidak suka menjadi suka tanpa meninggalkan pakem yang ada,” ujarnya.

Menurut Husein, para pegiat budaya dan seni karawitan harus selalu pandai melihat pangsa pasar di masyarakat. Hal itu perlu dilakukan agar seni karawitan lebih diminati oleh masyarakat. “Harapannya tidak hanya pas momen HUT RI saja, tetapi bisa bertahan dan dilanjutkan ke generasi-generasi berikutnya,” tegasnya.

Sementara Kepala Disporabudpar Kabupaten , Munthorihin mengatakan, lomba karawitan Gendhing-Gendhing an Bupati Cup diperuntukkan untuk SMP dan SMA/SMK. Lomba diikuti oleh 29 peserta terdiri dari 19 SMP dan 10 SMA/SMK. Masing-masing grup terdiri atas 25 orang yaitu, 15 pengrawit, 1 Pesinden, 7 penggerong dan 2 pembina.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video