Lawan Rentenir, Masyudi Dirikan Baitul Mal di Sumenep | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lawan Rentenir, Masyudi Dirikan Baitul Mal di Sumenep

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa
Minggu, 01 Juni 2014 23:25 WIB

?Mahasiswa Ubaya sedang bertanya kepada Masyudi, Ketua Pusat Koperasi BMTNU Gapura-Sumenep. foto:nisa/montage:rosihan/BANGSAON LINE


SURABAYA (bangsaonline) - Guna menumbuhkan inspirasi dan semangat berjuang untuk Indonesia, beberapa mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Surabaya diajak sharing dan berdialog dengan tokoh dari yang masuk dalam daftar Pahlawan untuk Indonesia MNCTV2013, Masyudi. Jasa-jasa Masyudi, Ketua Pusat Koperasi Baitul Mal wa Tamwil Nuansa Umat (BMTNU) Gapura- telah membuat warga di desanya tidak lagi terbelit rentenir.

Kepada para mahasiswa ini, Masyudi mengatakan, awal mula ia mendirikan koperasi berbasis syariah BMTNU karena trenyuh banyak tetangganya terlebit utang ke rentenir. “Saya itu mondok di luar daerah selama 12 tahun, ternyata setelah kembali pulang, kondisi di daerah saya tak ada perubahan. Saya merasa, untuk apa saya sekolah tinggi, mondok mendapatkan ilmu banyak, jika tidak bisa membawa perubahan bagi tetangga-tetangga dan warga di sekitar saya,” tutur Masyudi.

Akhirnya, ia mengumpulkan warga yang mempunyaipendapatan berlebih untuk urunan uang dan memberikan pinjaman kepada warga yang membutuhkan tanpa bunga. Awalnya tidak ada yang mau karena takut uangnya akan dibawa kabur. Namun dengan upaya yang gigih di tahun 2004 itu, akhirnya ada yang bersedia meminjamkan uangnya.

“Saya keliling, hingga ada 17 warga mampu yang bersedia urunan dan terkumpulRp 400 ribu. Uang itu lalu kami pinjam kan kepada pedagang sayuran dan pedagang lain tanpa bunga. Kami juga berusaha merubah mindset warga. Karena ada keyakinan bahwa orang kaya itu hina, akan masuk neraka lebih dulu dibandingkan yang miskin. Saya yakinkan kepada mereka bahwa berlomba menjadi kaya itu mulia, memberi lebih baik daripada meminta. Dengan menjadi kaya akan mulia karena lebih banyak bisa membantu sesama,” urai Masyudi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Sumenep

Berita Terkait

Bangsaonline Video