Gus Solah: Unhasy akan Kembangkan Kajian Pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Solah: Unhasy akan Kembangkan Kajian Pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari

Senin, 01 Agustus 2016 18:21 WIB

Suasana seminar di Unhasy Tebuireng Jombang Jawa Timur. foto: bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Rektor Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Jombang Jawa Timur KH Dr (HC) Ir Salahuddin Wahid yang akrab dipanggil Gus Solah mengungkapkan, pemikiran pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari selama ini masih multitafsir. Karena itu, kampus yang dipimpinnya akan segera mengembangkan kajian pemikiran Mbah Hasyim - panggilan Kiai Hasyim Asy’ari.

Menurut Gus Solah, pemikiran Mbah Hasyim yang lebih kontekstual dan tetap relevan dengan tantangan zaman sebenarnya tercermin dalam berbagai pemikiran dan langkah KHA Wahid Hasyim (putera Mbah Hasyim dan ayahanda Gus Solah) saat terlibat dalam tim yang merumuskan dasar-dasar negara Republik Indonesia.

"Tidak mungkin Kiai Wahid Hasyim berani mengambil keputusan menyetujui penghapusan tujuh kata dalam rumusan Piagam Jakarta, jika tidak direstui oleh Mbah Hasyim," tegas Gus Solah di hadapan peserta seminar Kontekstualisasi Pemikiran KHM Hasyim Asy'ari dalam Fenomena Global yang digelar Unhasy, Sabtu (30/7).

Pemikiran Mbah Hasyim tentang nasionalisme juga menjadi pilar penting kemerdekaan Indonesia. "Tanpa restu dan arahan Mbah Hasyim, tidak mungkin ada Resolusi Jihad yang membakar semangat Arek-arek Suroboyo yang dikobarkan melalui pekik takbir Bung Tomo dalam pertempuran 10 November yang heroik," tutur Pengasuh Pesantren ini.

Yang tidak kalah penting, proses penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal oleh Nahdlatul Ulama pada Muktamar NU di Situbondo 1984 juga tidak lepas dari pengaruh pemikiran Mbah Hasyim. Peran KH Achmad Siddiq dalam merumuskan dokumen hubungan Pancasila dengan Islam yang menjadi dasar keputusan Muktamar NU menerima Pancasila sebagai asas Negara sangat besar.

Menurut Gus Solah, hal itu bukan suatu kebetulan. Melainkan karena pengaruh pemikiran Mbah Hasyim mengignat Kiai Ahmad Siddiq adalah santri . ”Kiai Achmad Siddiq adalah santri Mbah Hasyim," ujarnya.

Empat Warisan Besar

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video