Nico Rosberg: Kokpit Halo harus segera Diaplikasikan demi Keamanan Pembalap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Nico Rosberg: Kokpit Halo harus segera Diaplikasikan demi Keamanan Pembalap

Sabtu, 30 Juli 2016 15:22 WIB

Kimi Raikkonen saat uji coba menggunakan mobil berkokpit halo beberapa waktu lalu. foto: formula1.com

HOCKENHEIM, BANGSAONLINE.com - Nico Rosberg menyatakan kekecewaannya setelah Strategy Group mengumumkan bahwa intrumen kemanan Halo belum digunakan untuk musim depan.

Kokpit Halo sendiri rencananya baru diterapkan sebagai peraturan pada musim 2018 lantaran kurangnya pengujian.

"Ini (Halo) harus segera diaplikasikan, itu (Halo) hanya perlu untuk diletakkan di mobil," tegas Rosberg.

"Kita semua ingin perangkat itu terpasang di mobil secepat mungkin. Saya kecewa dengan keputusan tersebut,” ungkap Rosberg.

"Mayoritas pembalap setuju bahwa kita perlu memasang (Halo) pada mobil secepat mungkin, itu masuk akal. (Halo) adalah langkah besar untuk meningkatkan keselamatan pembalap, sehingga saya kecewa bahwa perangkat itu tidak akan dimasukkan pada mobil untuk tahun depan. Saya tidak mengerti (alasannya karena kurangnya pengujian). Padahal kita bisa mengujinya akhir pekan ini atau kita bisa memasangnya di Spa atau di mana pun"

Rosberg yang menguasai sesi latihan bebas di Hockenheim jelang Grand Prix Jerman akhir pekan ini, mengatakan bahwa perdebatan Halo ini harus segera ditindaklanjuti layaknya pembebasan komunikasi radio antar tim yang lebih dulu disetujui.

Rosberg memang sangat terpukul usai GP Hungaria pekan lalu. Untuk pertama kalinya dalam musim ini, rekan setimnya Lewis Hamilton, merebut puncak klasemen darinya.

"Perubahan yang paling jelas saat ini adalah (tentang) pembebasan komunikasi di radio. Sekarang tim dapat memberitahuku apabila terjadi masalah (pada mobil). Sebelumnya, saya harus selalu mengingatnya, bahkan harus mencatatnya dan kemudian menempelnya di kokpit.

"Itu (pembebasan komunikasi radio) adalah perubahan paling signifikan, tapi sejujurnya saya kurang suka dengan peraturan ini. Sebab, Tony bisa mulai berbicara kepada saya lagi!"

Rosberg sementara ini boleh bahagia lantaran performanya pada latihan bebas di sirkuit yang merupakan kandangnya ini sangat impresif.

"Ini merupakan sesi yang baik, awal yang baik," kata dia. "Saya suka berkendara di sini. Saya suka trek seperti ini, tantangan khusus, karena aspal di sini benar-benar tua. Di Hungaria, misalnya, aspalnya baru, dan itu membuat saya berada di dunia yang berbeda,” imbuhnya.

Berikut hasil lengkap sesi latihan bebas kedua GP Jerman di Hockenheim:

1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 1m 15.614s

2. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 1m 16.008s

3. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari 1m 16.208s

4. Max Verstappen NED Red Bull-TAG 1m 16.456s

5. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG 1m 16.490s

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: crash.net

 

sumber : crash.net

 Tag:   F1

Berita Terkait

Bangsaonline Video