Ini Tips Hidup Nyaman ala Pesantren di Sumenep

Wartawan: Rahmatullah
Senin, 25 Juli 2016 18:03 WIB

Pengasuh Pondok Pesantren Anwarul Abrar, Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, KH. Roji Fawaid Baidlawi. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Pengasuh Pondok Pesantren Anwarul Abrar, Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, KH. Roji Fawaid Baidlawi, memiliki tips khusus yang diberikan kepada para santri dan alumni untuk hidup nyaman di tengah-tengah masyarakat. Tips yang diberikan tidak jauh dengan nilai-nilai kean yang dirawat selama ini.

Hal itu dilontarkan saat para alumni yang tergabung ISTIANA (Ikatan Santri Alumni Anwarul Abrar) berkumpul beberapa hari lalu.

Menurut Kiai Roji, ada tiga hal yang harus diterapkan untuk merasakan kenyaman hidup. Pertama, harus bersikap tuli, yaitu tidak terpengaruh pujian dan ejekan yang dialamatkan kepada diri sendiri.

Kedua, harus bisu, yaitu berusaha tetap diam walaupun mendapatkan perlakuan apa pun dari orang lain, dan cukup didoakan agar orang tersebut menyadari kesalahannya.

Sementara tips ketiga adalah harus buta, yaitu tetap istiqomah dan memegang prinsip dalam kebaikan, meski berbagai godaan datang untuk menggoyahkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video