BUMDes di Sumenep tak Tersentuh Dana Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BUMDes di Sumenep tak Tersentuh Dana Desa

Wartawan: Rahmatullah
Senin, 25 Juli 2016 12:54 WIB

Masuni. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Realisasi Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep untuk tahap pertama sebesar Rp 127 miliar sudah final. Dana tersebut diterima oleh 328 desa plus 4 kelurahan. Hanya saja desa dan kelurahan penerima belum sepenuhnya memaksimalkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat itu untuk mendongkrak perekonomian melalui Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP dan KB) Sumenep, Ahmad Masuni, menjelaskan berdasarkan evaluasi yang dilakukan, tidak ada satu BUMDes pun yang menggunakan DD. Hal itu terjadi karena tidak ada regulasi khusus yang dimiliki daerah yang bisa dijadikan cantolan hukum dalam penggunaan DD melalui BUMDes. Sementara jumlah BUMDes yang sudah terbentuk sebanyak 110.

“Kami memang belum punya Perbup (Peraturan Bupati, red) yang bisa dijadikan pijakan dalam penggunaan dana untuk BUMDes. Bahkan tidak hanya DD, untuk Alokasi Dana Desa (ADD, red) pun juga sama,” jelasnya, Senin (25/7).

Menurut Masuni, saat ini regulasi itu masih dalam tahap penggodokan, karena pemda menyadari keberadaan BUMDes diyakini sangat membantu dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian desa. Dia berharap regulasi itu segera terbentuk.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   dana desa sumenep

Berita Terkait

Bangsaonline Video