Pekerja Cina Banjiri Indonesia, DPR: Kita Punya Luka Lama, Pemerintah Harus Sensitif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pekerja Cina Banjiri Indonesia, DPR: Kita Punya Luka Lama, Pemerintah Harus Sensitif

Senin, 18 Juli 2016 19:53 WIB

Ilustrasi tenaga kerja ilegal asal Cina. foto: republika.co.id

JAKARTA, BANGSONLINE.com - Pekerja Cina dikabarkan telah membanjiri Indonesia, terutama yang ilegal. Padahal, menurut Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, isu buruh asal Cina merupakan isu sensitif yang harus disikapi secara hati-hati oleh pemerintah dan tidak boleh digampangkan.

Menurut Fadli, ada tiga alasan kenapa soal tenaga kerja asing asal Cina ini tidak boleh digampangkan oleh pemerintah. Dia mengatakan isu itu tidak bisa lagi dianggap sebagai isu perburuhan semata, melainkan telah menjadi isu sosial, politik, dan keamanan.

“Pertama, dalam sejarah, kita punya pengalaman konflik etnis yang tidak menyenangkan yang kemudian menjadi luka kolektif bangsa. Kita tidak ingin soal buruh asing ini akan mengusik kembali konflik dan luka lama itu," kata Fadli Zon dalam pernyataan persnya Senin (18/7).

Kedua, sambung dia, isu mengenai buruh asing asal Cina ini muncul ketika perekonomian nasional kita sedang lesu. Angka ketimpangan ekonomi juga sedang buruk-buruknya, yakni mencapai 0,45, yang merupakan angka terburuk sepanjang sejarah.

Menurut dia, pemerintah harus sensitif mengenai hal ini. "Jangan sampai pemerintah dianggap telah merampas kesempatan kerja bagi rakyatnya sendiri,” tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Republika.com

 

sumber : Republika.com

 Tag:   tka cina

Berita Terkait

Bangsaonline Video