Tradisi Ski Lot di Lekok Pasuruan Butuh Sentuhan dari Pemerintah Daerah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tradisi Ski Lot di Lekok Pasuruan Butuh Sentuhan dari Pemerintah Daerah

Wartawan: Ahmad Fuad
Kamis, 14 Juli 2016 01:14 WIB

Tampak salah satu warga yang ikut lomba ski lot.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Setiap hari raya ketupat atau hari ke-7 setelah Hari Raya Idul Fitri di desa Tambak, Kecamatan Lekok diadakan pesta petik laut dan balap ski lot. Balap ski lot ini hanya ada dan dimiliki oleh masyarakat Lekok. Namun, demikian tradisi yang unik ini butuh sentuhan dan pembinaan agar berkembang dan menarik masyarakat luar .

Asisten Bupati , A Munif AR mengatakan, tradisi ski lot ini hanya ada di dan belum diketahi ada di daerah lain bahkan di Jawa Timur. Munif memaparkan tradisi ski lot ini ada sejak tahun 1982. Berawal dari orang petualangan mencari udang di tambak. Caranya dengan memakai alat kayu yang dibuat layaknya papan ski. Papan ski tersebut kemudian digunakan untuk meluncur di atas lumpur.

Menurut masyarakat sekitar, istilah ski lot itu merupakan singkatan dari dua kata yaitu ski dan celot (lumpur). Ski itu adalah sebuah kendaraan permainan ombak di laut dan Celot itu mengambil dari bahasa Madura yang artinya lumpur.

“Kegiatan seperti ini perlu kita tingkatkan dan dikembangkan di daerah Lekok ini khususnya dan umumnya juga masyarakat . Kita menunjukan kepada publik bahwa masyarakat kaya akan tradisi, dan ekonomi,” tegas Asisten Bupati tersebut ketika menghadiri acara tahunan yang diadakan masyarakat sekitar tersebut, Rabu (13/7).

Meskipun Lekok memiliki potensi tradisi tersendiri, dan mempunyai kekayaan ekonomi, namun SDM masyarakat lekok perlu ada perhatian khusus dari kepala daerah . Kesadaran pendididikan di daerah tersebut sangat minim. Masyarakat Lekok lebih mengutamakan kerja dibanding meningkatkan pendidikanya mereka sendiri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pasuruan budaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video