Listrik Sering Padam, Warga Pulau Sapudi Tadarus Pakai Penerangan Teplok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Listrik Sering Padam, Warga Pulau Sapudi Tadarus Pakai Penerangan Teplok

Senin, 04 Juli 2016 22:14 WIB

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Gara-gara listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) sering padam, warga Pulau Sapudi terpaksa tadarus quran menggunakan teplok. Kondisi ini sebenarnya sudah berlangsung lama, tapi ternyata terkesan dibiarkan, karena tidak ada langkah konkret dari pemerintah setempat untuk memaksimalkan penerangan listrik di pulau itu.

Warga Desa Talaga, Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi, Pusawi, menuturkan listrik dari PLTD itu memang mengecewakan. Yang diharapkan bisa menyala selama 24 jam, hanya menyala saat malam hari. Itu pun tidak tiap malam menyala. Dua malam menyala, satu malam berikutnya padam, begitu seterusnya.

“Malam ini kebetulan di desa kami giliran listrik padam. Karena ingin tadarus Quran, ada sebagian warga menggunakan teplok. Tapi bagi sebagian warga yang mampu secara ekonomi, ada yang menggunakan aki dan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya, red),” terangnya, Senin (4/6).

Pusawi berharap pemerintah mau peduli terhadap penerangan di daerahnya, terlebih sebentar lagi akan memasuki suasana lebaran. Seperti di wilayah lain, katanya, intensitas silaturrahmi antar sanak saudara akan meningkat. Dan sangat disayangkan sekali jika suasana itu terganggu oleh penerangan listrik yang tidak maksimal.

“Oleh sebab itu, kami harap pemerintah menyalakan PLTD tiap malam, biar suasana idul fitri kami tidak terganggu,” harapnya.

Lebih jauh Pusawi menuturkan, dampak dari tidak maksimalnya aliran listrik pada kehidupan sehari-hari sangat nampak. Seperti untuk memenuhi kebutuhan air saja, warga harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.500 per jeriken. Padahal air tidak hanya digunakan untuk memasak dan minum, tapi juga untuk kepentingan mandi dan mencuci pakaian, dan dipakai wudu saat hendak salat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video