Di Sumenep juga ada Pesantren untuk Orang Gila

Kamis, 16 Juni 2016 16:27 WIB

Para santri gila saat mengaji bersama. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Kabupaten Sumenep memang dikenal dengan gugusan . Tapi tak bisa ditampik bahwa juga bisa dijumpai di daerah. Di Sumenep, berbagai jenis ada. Bahkan, yang menampung orang gila seperti di Bojonegoro maupun Pasuruan juga ada.

Pesantren Albajigur, itulah namanya. Pesantren yang menampung orang gila ini ada di sebuah perbukitan di Desa Tenonan, Kecamatan Manding. Sedikitnya ada 13 santri gila yang mondok di ponpes ini. Mereka merupakan santri untuk terapi penyembuhan.

Para santri ini mendapatkan bimbingan khusus dari pengasuh , bahkan sebagian santri gila ini dirantai dan digembok agar tidak kabur dari lingkungan .

Sebenarnya ini juga menerima santri biasa seperti pada umumnya. Karena itu, ada kamar khusus yang disediakan bagi santri gila yang dikirim keluarga untuk dilakukan terapi.

Pengasuh pondok, KH. Abdurrahman, mengatakan para santri gila ini datang dari berbagai daerah dengan latar belakang berbeda. Di antaranya gila karena persoalan ekonomi, ilmu kesaktian yang tidak tercapai, dan pemakai narkoba.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video