Ngaji Kilatan di Pesantren Seblak Jombang Selama Ramadan

Editor: abdurrahman ubaidah
Rabu, 15 Juni 2016 12:48 WIB

Suasana pengajian kilatan di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang. (foto kiriman mukani/hms pp seblak)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Mengisi bulan suci Ramadan denganpengajiankitabkuning biasanya dilakukan di semua . Tidakterkecuali Pesantren Salafiyah Syafi’iyah SeblakJombang.

Pesantren ini berdiritahun 1921 oleh KH. Ma’shum Ali dan Hj. Choiriyah Hasyim.Nama terakhir ini adalah putrid pertama Hadratussyaikh HasyimAsy’ari, pendiri Tebuireng dan organisasi NU.

Pesantren ini hanyaberlokasi 200 meter arah barat dari makam Gus Dur. Sistem pengajian kilatan Ramadan tahun ini dibagi berdasarkan jenjang sekolah. Baik MTs maupun MA. “Pengajian dibagi berdasar jenis kelamin, dipisahkan antara santri putra dengan santri putrid,” ujar Subhan, kepala MTs.

Untukjenjang MTs kelasputri, dibacakan kitab Akhlaqlil Banin karyaSyaikh Umar bin Ahmad Baraja. “Yang membaca Ust. Farhalim, bertempat di mushala pondok,” imbuhnya.

Bagi santri putra jenjang MTs, dibacakan kitab Majmu’ Musytamil ‘ala Arba’ Rasa’il karya Syaikh Ahmad bin Zaini Dahlan. “Kitab ini sengaja dipilih, karena sebagian besar membahas tentan salat, dan ini sangat ditekankan di sini,” ujarnya.

Di dalam kitab ini, lanjutnya, juga diterangkan tentang ancaman-ancaman bagi orang yang lalai meninggalkan shalat. “Sehingga diharapkan santri di sini akan dengan mudah untuk melaksanakan shalat, tidak cuma shalat wajib, juga shalat sunat,” pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video