Tanya-Jawab Islam: Sakit Tak Kunjung Sembuh, Punya Hutang Puasa Tahun Lalu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Sakit Tak Kunjung Sembuh, Punya Hutang Puasa Tahun Lalu

Editor: abdurrahman ubaidah
Sabtu, 11 Juni 2016 09:55 WIB

KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 08123064028, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Mohon penjelasannya, saya masih punya utang puasa Ramadan tahun lalu. Sepanjang tahun ini kesehatan saya naik-turun. Ketika saya berusaha berpuasa untuk melunasi hutang Ramadan tahun lalu, saya jatuh sakit cukup parah dan tak kunjung sembuh hingga saat ini. Saya resah, Ramadan tahun lalu belum bisa saya lunasi, kini utang puasa Ramadan kembali menimpa saya. Apa yang harus saya lakukan, agar saya bisa hidup tenang dan tidak dihantui rasa berdosa?

Jawaban:

Memang beban fisik dan kejiwaan yang sedang menimpa Bapak/Ibu cukup berat. Saya memaklumi ‘keresahan’ yang Bapak/ibu alami. Tapi, perasaan berdosa yang selalu menghantui perasaan Bapak/Ibu sebaiknya dijauhi. Sebab jika kaum Muslim yang karena alasan legal (uzur syar’i) misalnya sakit, bepergian dan lain-lain tidak berpuasa itu diperbolehkan.

Boleh, berarti tidak berdosa. Mari pahami dengan saksama firman Allah: “Wahai orang-orang yang beriman, puasa itu diwajibkan atas Anda, seperti juga diwajibkan atas orang-orang sebelum Anda; (ini) agar Anda dapat bertakwa. Pada beberapa hari yang dapat dihitung, barang siapa di antara Anda jatuh sakit atau sedang bepergian, maka Anda wajib melaksanakan (puasa) pada hari-hari lain. Sedangkan orang-orang yang tidak mampu berpuasa, maka mereka wajib membayar fidyah dengan cara memberi makanan pada orang miskin. Barang siapa secara suka rela melakukan kebaikan itu lebih baik baginya. Anda (berupaya keras) untuk berpuasa itu lebih baik, jika Anda mau paham”. (Qs al-Baqarah: 103-104).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video