Pemakaman Ali Dipimpin Imam Muslim, Clinton Pidato, Obama: Setara Nelson Mandela | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemakaman Ali Dipimpin Imam Muslim, Clinton Pidato, Obama: Setara Nelson Mandela

Wartawan: -
Minggu, 05 Juni 2016 18:59 WIB

Muhammad Ali bersama Nelson Mandela. foto: standart.co

SCOTTSDALE, BANGSONLINE.com - Posesi pemakaman besar akan digelar secara Islam oleh keluarga Muhammad Ali. Juru bicara keluarga, Bob Gunnell, mengatakan siapa pun bisa hadir untuk mengucapkan selamat tinggal pada Ali.

Upacara pemakaman akan digelar di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky pada Jumat. "Ia adalah penduduk dunia dan ingin semua orang dari seluruh penjuru datang ke pemakamannya," kata Bob Gunnell.

Mantan presiden AS, Bill Clinton akan hadir memberikan pidato puji-pujian. Komedian Billy Crystal dan jurnalis olahraga Bryant Gumble juga akan hadir untuk bicara.

Sementara upacara pemakaman privat untuk keluarga akan digelar Kamis. Acara pada Jumat akan dimulai dengan layanan doa privat bagi anggota keluarga di rumah duka Louisville.

Jenazah Ali akan dibawa melewati jalan-jalan utama Louisville, termasuk Broadway. Acara utama akan digelar pada 14.00 waktu setempat di KFC Yum Center dengan kapasitas lebih dari 20 ribu orang.

Semua orang dari beragam agama boleh hadir, namun prosesi doa akan dipimpin oleh imam Muslim. Acara ini juga akan disiarkan langsung di situs pusat Ali. 

Gunnell mengatakan Ali adalah idola banyak orang. Sehingga acara ini akan merefleksikan kepeduliannya tak peduli ras, agama dan latar belakang.

Ali meninggal pada Jumat pukul 21.10 waktu setempat di rumah sakit Phoenix, Arizona. Ia meninggal karena infeksi darah. Gunnell mengatakan Ali meninggal dengan tenang setelah mengucap selamat tinggal pada istri dan anak-anaknya. 

Ali dikelilingi keluarganya ketika menghembuskan nafas terakhir. "Jangan menangis, saya tidak merasakan sakit, saya akan kembali pada Allah," kata Ali pada keluarganya sebelum meninggal, dikutip dari BBC.

Bob Gunnell mengatakan bahwa Ali sendiri meminta acara ibadah itu dilakukan sesuai dengan "tradisi Muslim" dan di hadapan seorang imam.

Kepergian Muhammad Ali di usianya yang ke-74 menggemparkan seluruh penggemar di dunia. Banyak dari mereka yang ingin mengetahui secara jelas kronologis meninggalnya legenda dunia tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: dari berbagai sumber

 

sumber : dari berbagai sumber

Berita Terkait

Bangsaonline Video