Haflatul Imtihan di PP Roudlotul Mustofa Lekok, Gus Hakam Dinobatkan Jadi Raja Alumni

Jumat, 27 Mei 2016 21:56 WIB

Gus Hakam Kholil dari PP Tebuireng berjabatan tangan dengan Kiai Mustofa, pengasuh PP Roudlotul Mustofa.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Haflatul Imtihan di Pondok Pesantren Roudlotul Mustofa dihadiri oleh cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari, KH Abdul Hakam Kholiq atau akrab dengan panggilan Gus Hakam.

Dalam acara ini KH Mustofa bin Mustofa, pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Mustofa mengatakan Gus Hakam merupakan Raja Alumni.

"Beliau itu Sayyidul Mutakhorrij (Raja Alumni),” kata Kiai Mustofa kepada para hadirin yang datang pada malam haflah tersebut.

Dalam acara ini Gus Hakam juga memberi sambutan di hadapan para santri, wali santri dan hadirin bahwa dirinya pernah mondok di Lekok selama lima bulan.

Ia daftar ke pondok Lekok sekitar tahun 1965-an, didampingi oleh ayahandanya menghadap almarhum Kiai Mustofa. Setiba di pondok Lekok tersebut, Kiai Mustofa dan Kiai Kholiq sepakat kalau Gus Hakam mondok di Lekok itu minimal lima tahun.

Namun Allah berkehendak lain. Kiai Kholiq Hasyim dipanggil menghadap kehadirat-Nya, lima bulan setelah Gus Hakam bermukim di pondok lekok.

Mendengar kabar berita duka tersebut, Kiai Mustofa mengizini Gus Hakam untuk pulang ke Tebuireng. Kemudian usai tujuh harinya ayahanda, Gus Hakam balik lagi ke Pondok Lekok.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pasuruan pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video