Kurangi Pengangguran, Optimalkan BLK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kurangi Pengangguran, Optimalkan BLK

Selasa, 03 Mei 2016 23:15 WIB

M Kamil

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Angka pengangguran di Kabupaten Lamongan pada Juli tahun 2016 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan tajam dibanding tahun 2015 lalu. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah angka pengangguran di Lamongan tahun 2015 berjumlah 26 ribu orang.

Moch Kamil, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lamongan menuturkan, meningkatnya angka pengangguran di Lamongan pada Juli mendatang dikarenakan adanya kelulusan siswa SMP dan SMA. Sehingga banyak tenaga kerja usia produktif baru yang menganggur pasca lulus sekolah.

“Apalagi, ditambah dengan jumlah lulusan sekolah yang tidak sebanding dengan lowongan kerja yang tersedia,” katanya.

Namun menurutnya pengangguran tersebut dapat ditekan. Caranya, kata Kamil, dengan mengikuti pelatihan di Balai Tenaga Kerja (BLK). “BLK dibangun untuk menjawab tantangan masalah ketenagakerjaan,” ungkapnya.

BLK, sambung Kamil membuka sebanyak 8 kelas pelatihan untuk mengasah keterampilan masyarakat Lamongan. Di antaranya, pelatihan las listrik, pendingin AC (air conditioner), menjahit, bordir, kue, bengkel sepeda motor dan mobil, serta pertukangan,” ujarnya, kemarin (3/5).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Lamongan

Berita Terkait

Bangsaonline Video