Buruh Siap jadi Parpol, DPR Desak Pemerintah Cabut PP Pengupahan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buruh Siap jadi Parpol, DPR Desak Pemerintah Cabut PP Pengupahan

Minggu, 01 Mei 2016 21:41 WIB

Seorang buruh mengenakan pakaian pocong melakukan teatrikal saat memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Jakarta, Minggu (1/5).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Memeringati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei, ratusan ribu buruh menggelar aksi unjukrasa di sejumlah kota/kabupatan di Indonesia. Mereka mengusung tema perbaikan nasib buruh ke depan. Di Jakarta, puncak peringatan Hari Buruh Internasional 2016 atau May Day digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (1/5).

Sekitar 40 ribu buruh dari berbagai serikat pekerja menghadiri acara itu. Mereka membawa atribut masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, buruh mendeklarasikan (ormas) Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), sebagai benih pendirian partai politik kaum buruh serta rakyat Indonesia.

"Kami akan menciptakan sejarah baru bagi Indonesia," tutur Heriyanto, ketua panitia puncak peringatan Hari Buruh saat berbicara di atas panggung Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sementara deklarasi dan pelantikan pengurus organisasi ORI dipimpin Presiden KSPI Andi Gani Nenawea.

"Organisasi Rakyat Indonesia merupakan gabungan dari buruh, petani, nelayan, tenaga medis, dan profesional. Hari ini kami akan deklarasikan dan melantik pengurus untuk perubahan Indonesia," ujar Andi Gani.

Sementara sebelum mendatangi SUGBK, ribuan buruh sempat menggelar aksi unjukrasa di depan gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   may day

Berita Terkait

Bangsaonline Video