Bangunan Ada, SDM Tak Tersedia, 11 Puskesmas Mojokerto Tak Miliki Rawat Inap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bangunan Ada, SDM Tak Tersedia, 11 Puskesmas Mojokerto Tak Miliki Rawat Inap

Editor: nur syaifudin
Wartawan: yudi eko purnomo
Jumat, 08 April 2016 23:34 WIB

Puskesmas Trowulan ketika dalam pembangunan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto tengah mengupayakan peningkatan Puskemas dengan fasilitas rawat inap. Hingga saat ini, tercatat 11 Puskesmas di daerah ini yang belum memiliki rawat inap.

"Ada beberapa peningkatan ini karena ketersediaan lahan. Namun yang paling besar kendalanya adalah karena kurangnya SDM," tutur Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kabupaten Mojokerto, Ris Burhan, Jumat (8/4).

Dia juga mengungkapkan perbaikan bangunan dan peningkatan layanan dengan membuat rawat inap tak bisa tuntas dalam tahun ini, karena beberapa kendala. Ketersediaan SDM seperti dokter dan perawat memang sulit, karena adanya aturan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) yang melarang mengangkat pegawai baru.

"Tentu ini jadi kendala, karena tiap puskesmas itu butuh paling tidak tiga tenaga medis dan lima perawat. Sedangkan puskesmas rawat inap saat ini rata-rata hanya diisi dua tenaga medis saja," papar dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video