Pertama di Jatim, BLH Sidoarjo akan Beri Penghargaan Perusahaan Peduli Lingkungan

Senin, 11 Januari 2016 21:31 WIB

Sekretaris BLH Sidoarjo, Nanang Santoso. foto: nanang ichwan/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Jika Kementerian Lingkungan Hidup mempunyai Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) bagi perusahaan berupa kegiatan pengawasan dan pemberian insentif dan/atau disinsentifk epada penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sidoarjo tidak mau kalah. Pihaknya, juga membuat inovasi yang diberinama STPLH (Status Pengelolaan Lingkungan Hidup) untuk perusahaan yang ikut andil dalam menjaga lingkungan.

"Kami akan memberi penghargaan, sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan meliputi pabrik, rumah makan, hotel dan Rumah Sakit yang ikut menjaga lingkungan hidup," kata Sekretaris BLH Sidoarjo Nanang Santoso, Senin (11/1).

Nanang mengklaim bahwa program inovasi tersebut satu-satunya yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Dalam penilaian, mantan Camat Porong itu menjelaskan, pihaknya akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan terkait pelaksanaan dokumen dan izin lingkungan, pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan limbah bahan berbahaya racun (B3).

"Dan perusahaan belum pernah masuk dalam pendaftaran PROPER (prorgram KLH RI)," imbuhnya.

Data BLH Sidoarjo saat ini dari ratusan perusahaan yang ada di Sidoarjo, pihaknya sudah mengantonggi 38 nama perusahaan yang diseleksi dengan tiga kategori, yaitu taat, cukup yaat dan tidak taat terhadap pelestarian lingkungan.

Nantinya, dari perusahaan tersebut akan diambil tiga pemenang dengan kategori Baik, Cukup dan Buruk. "Hadiahnya akan diberikan oleh Bupati Sidoarjo dalam puncak HUT Kabupaten Sidoarjo," pungkasnya. (nni/rev)