Bea Cukai Butuh 1.400 Pegawai Baru, Calon Pegawai Harus Siap Dilatih Kopassus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bea Cukai Butuh 1.400 Pegawai Baru, Calon Pegawai Harus Siap Dilatih Kopassus

Senin, 11 Januari 2016 00:31 WIB

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Direktorat Jenderal (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membutuhkan 1.400 pegawai baru dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Dari total kebutuhan tersebut, posisi paling besar yang dibutuhkan adalah mengisi bidang pelayanan dan pengawasan.

"Kalau paling banyak untuk di lapangan, seperti pelayanan dan pengawasan," kata Kushari Suprianto, Sekretaris Jenderal DJBC dilansir dari detikFinance, Minggu (10/1/2016)

Khususnya adalah sisi laut, menurut Khusari, dibutuhkan banyak pegawai di kawasan pelabuhan. Hal ini dikarenakan fokus Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan sektor maritim sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia.

"Karena kan untuk aspek pengawasan, di laut sekarang perlu banyak pegawai," jelasnya.

Sementara untuk jenjang pendidikan yang diterima cukup beragam, mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma hingga Strata 1 (S1). Khusari menyatakan level pendidikan yang dicari nantinya disesuaikan dengan posisi yang diinginkan.

"Sebetulnya porsinya ada, tapi paling banyak D1, D3 untuk pelayanan, jurusannya kan perkapalan. Terus kalau administrasi ya jurusannya perbendaharaan, tapi kalau dari internal kan ada D3. SMA juga bisa tapi disekolahkan lagi ke S1 buat menambah pengetahuan soal kepabeanan," terangnya.

Di sisi lain, untuk berseragam , ternyata bukan persoalan mudah. Para calon pegawai harus mengikuti serangkaian tes tertulis hingga pendidikan semi militer bersama Komando Pasukan Khusus (Kopassus), TNI AD.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Bea Cukai

Berita Terkait

Bangsaonline Video