Dampak Guyuran Hujan Abu Gunung Bromo, Warga Arjosari Lumajang Gagal Panen | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dampak Guyuran Hujan Abu Gunung Bromo, Warga Arjosari Lumajang Gagal Panen

Minggu, 27 Desember 2015 22:42 WIB

Erupsi Gunung Bromo. foto: detik

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan hektar tanaman milik suku Tengger di Desa Argosari Kecamatan Senduro terancam gagal panen akibat erupsi . Sebab, hujan vulkanik mengakibatkan komoditi tanaman kentang, gubis rusak dan membusuk.

Kepala Desa Argosari, Ismail kepada wartawan mengatakan, ratusan hektar tamanan masyarakat gagal panen kerena membusuk akibat abu vulkanik kiriman dari . "Sekitar seratus hektar, tamanan milik warga rusak," katanya.

Hampir seluruh warga Desa Argosari berprofesi sebagai petani. Akibat hujan abu kiriman dari , perekonomian warga setempat lumpuh.

Menurut Ismail, lahan pertanian milik suku tengger di Desa Argosari ini telah satu minggu diguyur hujan abu vulkanik , termasuk permukiman warga. "Sekitar satu mingguan dan bisa dilihat sendiri bagaimana kondisi tanaman kentang milik warga," katanya.

Sunarmi (45) salah satu petani yang tanaman kentangnya banyak yang layu akibat dihujani abu vulkanik Bromo pesimis kentangnya bisa di panen karena tebalnya abu yang menempel di dedaunan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gunung Bromo

Berita Terkait

Bangsaonline Video