Awas, Jangan Sembarang Pasang Knalpot Brong pada Motor Injeksi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Awas, Jangan Sembarang Pasang Knalpot Brong pada Motor Injeksi

Sabtu, 26 Desember 2015 09:16 WIB

Seorang pedagang mengganti knalpot motor pelanggan di sebuah toko onderdil sepeda motor bekas. (ft: tempo)

BANGSAONLINE.com - Motor dengan mesin sistem injeksi tengah mendominasi di seluruh dunia. Selain merupakan pengembangan teknologi, motor dengan pembakaran bahan bakar sistem pengkabutan ini terkenal lebih irit bahan bakar. Mulai dari motor skuter matik, moped (motor bebek), hingga motor berkarakter sport, menggunakan teknologi ini.

Akan tetapi, bagi sebagian pemotor, ada kekurangan yang nyata pada motor bermesin injeksi. Suara yang dihasilkan terlalu hening sehingga mereka kerap mengganti knalpot dengan produk aftermarket yang disebut knalpot racing, balap atau brong.

Sistem pembuangan jenis freeflow yang awalnya memang dikhususkan untuk motor balap tersebut memang membuat tarikan motor menjadi lebih bertenaga dan suara yang dihasilkan pun terdengar garang.

Tak ada yang salah dengan penggantian elemen pembuangan ini, selama mengerti dengan kosekuensi dan tata caranya. Ada beberapa konsekuensi logis jika Anda menggunakan knalpot freeflow seperti di uraikan 78deka.com.

Salah satunya, jika penggunaan knalpot racing tidak dibarengi dengan penyetelan ulang suplai bahan bakar melalui electronic control unit (ECU), bukan peningkatan performa yang didapat, melainkan putaran mesin yang tidak stabil.

Maniakmotor menjabarkan pada motor sistem injeksi ada sensor karbondioksida (CO2) yang dipasang pada saluran exhaust (pembuangan) yang membaca secara otomatis debit gas buang. Bila knalpot digantidengan karakter brong, maka sensor ini akan mengirim sinyal berbeda pada ECU. Sensor akan bercerita pada ECU, bahwa ia sudah dilewati banyak gas buang yang tidak seperti biasanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: beritagar

 

sumber : beritagar

 Tag:   otomotif

Berita Terkait

Bangsaonline Video