Seminggu di Ruang Ortologi RSUD Dr Soetomo, Belum Jelas Kapan Tumor Pasien Ini Dioperasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Seminggu di Ruang Ortologi RSUD Dr Soetomo, Belum Jelas Kapan Tumor Pasien Ini Dioperasi

Sabtu, 12 Desember 2015 01:21 WIB

Abdussalam (kanan) bersama Samsul anaknya saat di kamar rawat inap. foto: hanif tohari/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini kisah petani pengidap tumor yang segera bisa operasi. Namanya Abdussalam. Petani kebun asal Sumenep ini akhirnya bisa tersenyum lega juga. Sebab, tumor yang menggerogoti tangannya itu akan segera dioperasi di RSUD Dr. Soetomo.

Operasi yang akan dijalaninya itu berkat program jaminan kesehatan daerah (jamkesda). Lelaki usia 58 tahun tersebut menderita tumor di lengan kirinya sejak 3 tahun yang lalu.

Karena rasa sakit yang semakin menjadi, keluarga memutuskan untuk membawanya berobat ke RSUD Sumenep. Selanjutnya dirujuk ke RSUD Dr. Soetomo sekitar sebulan yang lalu.

Meskipun hingga Jum’at (11/12), pasien yang sudah rawat inap seminggu di ruang ortologi ini masih belum mendapat kejelasan jadwal operasi, namun keluarganya sudah merasa sangat bersyukur. Pasalnya jika tanpa jamkesda, keluarga tidak akan mampu membiayai pengobatan dan operasi.

“Sebelumnya saya mengurus jamkesda di Sumenep. Alhamdulillah dirujuk ke rumah sakit ini. Saya tidak tahu lagi jika tidak ada jamkesda, saya mau pakai uang apa,” ujar samsul, anak lelaki dari penderita tumor ini.

Ditanya mengenai keluhan-keluhan ketika proses pengobatan di Rumah Sakit, Samsul mengakui kalau pelayanan rumah sakit cukup memuaskan, termasuk soal pengurusan administrasi juga cukup mudah walaupun menggunakan jamkesda.

Hanya saja meskipun dia hanya ditemani istri untuk menjaga sang ayah, dia mengeluhkan biaya hidup yang cukup mahal di lingkungan rumah sakit, seperti biaya makan dan minum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   rsud dr soetomo

Berita Terkait

Bangsaonline Video