Butuh Rp 200 M Renovasi Sirkuit Sentul, Menpora Ajak Industri Otomotif Berpartisipasi

Sabtu, 28 November 2015 12:14 WIB

Menpora Imam Nahrawi memberi sambutan dalam Jambore Nasional dan ulang tahun ke-45 kehadiran Mercedez Benz di Indonesia di Plaza Timur Senayan GBK, Jakarta, Jumat (27/11). foto: sindonews.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk merenovasi Sirkuit Sentul sebagai tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2017 mencapai Rp 200 miliar. Padahal, anggaran pemerintah untuk proyek ini hanya Rp 5 miliar. Itu artinya, biaya renovasi masih 'tekor' sekitar Rp 195 miliar.

“Karena anggaran pemerintah sangat terbatas, kami mengajak sektor swasta pada industri otomotif ikut bersama-sama mendukung rencana renovasi tersebut,” ujar Imam Nahrawi saat menghadiri Jambore Nasional yang digelar Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club Ina), di Jakarta, Jumat (27/11).

Menpora – seperti dikutip beritasatu.com - menegaskan, merenovasi Sirkuit Sentul tak bisa hanya mengandalkan APBN. Sektor swasta, terutama di bidang otomotif, harus terlibat. Apalagi Indonesia merupakan pasar otomotif yang sangat besar.

"Saya senang sekarang ini bisa hadir pada acara ini, di bidang otomotif saat ini pemerintah terus berusaha mengembangkan dunia otomotif di Indonesia, Salah satunya Insyallah tahun 2017 nanti kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saya harap Mercedes Benz bisa ikut berpartisipasi untuk menyukseskan event internasional tersebut," pesan Menpora.

“Saya ajak dunia usaha di bidang otomotif untuk bahu-membahu menyukseskan rencana ini. Indonesia merupakan pasar otomotif yang besar. Ke depan, pasar kita akan semakin besar,” tambahnya.

Menpora mengungkapkan, proses renovasi Sirkuit Sentul segera dilakukan. Saat ini, letter of intent (LoI) yang telah diteken sedang dipelajari Dorna selaku organizer MotoGP. Sedangkan kontrak resmi penyelenggaraan MotoGP 2017 baru akan diteken pada Februari 2016.

Jambore Nasional merupakan agenda tahunan resmi MBClubINA yang merupakan ajang mempererat tali silaturahmi serta ajang bertukar informasi terbaru mengenai Mercedes Benz antar sesama anggota. Tahun ini Jambore Nasional memasuki tahun ke sepuluh, oleh karena itu Jambore Nasional dilaksanakan dengan skala yang besar dengan mengusung tema "Enjoy the Star Experience" yang mengundang kurang lebih 7000 anggota dari seluruh Indonesia.

"MBClubINA merupakan induk organisasi dari 81 club Mercedes Benz yang tersebar di Indonesia. Kali ini, melalui Jambore Nasional X kami mengundang seluruh anggota untuk merayakan ulang tahun Mercedes Benz ke 45 di Jakarta. Masyarakat Jakarta bisa melihat mobil produksi 1970 hingga AMG GT S yang merupakan keluaran terbaru tahun ini," kata President Mercede Benz Indonesia, Deddy Rachmadi. (ma)

 

sumber : beritasatu.com/sindonews.com