Rizal Ramli Sebut Gus Dur Wali ke-10, Minta Mahasiswa Unhasy Berpegang G-3 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rizal Ramli Sebut Gus Dur Wali ke-10, Minta Mahasiswa Unhasy Berpegang G-3

Minggu, 08 November 2015 20:46 WIB

Rizal Ramli saat ziarah makam Gus Dur. Foto: metronews.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Dr Rizal Ramli menghadiri acara wisuda sarjana Universitas Hasyim Asyari (Unhasy) Tebuireng Jombang, Jawa Tmur, Minggu (8/11). Menteri yang dikenal dekat dengan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu memberikan orasi ilmiah kepada civitas akademika Unhasy yang lagi mewisuda 310 mahasiswanya. Dalam acara itu hadir Rektor Unhasy Dr KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah) dan para civitas akademika lainnya.

Menteri yang kini lagi jadi sorotan publik karena bicara tanpa tedeng aling-aling itu minta agar para mahasiswa Unhasy berpegang kepada3-G. Yaitu gesit otak, gesit tangan, dan gesit gaul.

Rizal menjelaskan bahwa yang dimaksud gesit otakadalah mahasiswa harus cerdas. Sedang gesit tangan berarti kreatif dan cepat mengambil keputusan.

”Gesit gaul artinya harus banyak kawan dan terus membangun jaringan. Gesit gaul bisa dilakukan dengan masuk dalam organisasi. Karena hal itu bisa membangun jaringan dan mengasah leadership atau kepemimpinan," kata Rizal Ramli sembari berharap seluruh mahasiswa yang diwisuda bisa menjadi bagian dari perubahan negeri ini.

Sebelum memberi orasi ilmiah, Rizal Ramli berziarah ke makam Gus Dur di kawasan komplek Pesantren Tebuireng. Bahkan Rizal Ramli langsung mengambil air wudlu saat tiba di areal kompleks pesantren yang didirikan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari itu. Usai berwudlu Rizal yangmemakai kemeja putih dan berdasi merah bertemu Gus Solahdi ndalem kesepuhan. Setelah itu Rizal menuju ke makam Gus Dur yang didampingi para pengurus Pesantren Tebuireng.

Rizal mengaku terharu ketika melihat makam Gus Dur. "Makamnya sederhana banget ya," ujar Rizal usai melakukan doa. Ia juga mendoakan ayahanda Gus Dur, KH Wahid Hasyim dan kakeknya Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari.

Rizal mengatakan bahwa Gus Dur sangat sederhana.Dan itu juga tercermin lewat tempat peristirahatannya. Menurut Rizal,biasanya tokoh-tokoh besar memiliki makam yang megah dan monumental. Ternyata makam Gus Dur berbeda. ”Gus Durharus dijadikan suri tauladan bagi anak bangsa,” katanya.

Rizal yangdikenal dekat denngan Gus Dur bercerita bahwa Gus Dur setia pada hidup sederhananya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   menko maritim

Berita Terkait

Bangsaonline Video