Ziarah ke Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim, Mensos Khofifah Teteskan Air Mata | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ziarah ke Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim, Mensos Khofifah Teteskan Air Mata

Sabtu, 07 November 2015 17:59 WIB

Mensos Khofifah didampingi Nyai Farida Salahuddin Wahid saat berdoa di makam Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari dan Gus Dur. foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial () Khofifah Indar Parawansa meneteskan air mata saat berziarah di makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sabtu (7/11/2015). Air mata Khofifah itu tumpah semakin deras ketika dia menabur bunga di atas pusara pendiri NU (Nahdlatul Ulama) Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang bersebelahan dengan makam Gus Dur.

Kedatangan Khofifah bersama rombongan ke PP (Pondok Pesantren) itu disambut Nyai Farida Salahuddin Wahid. Selanjutnya, mereka menuju makam di komplek pesantren tersebut. Di area pemakaman itu ada pusara KH Abdurrahman Wahid, KH Wahid Hasyim, Hadratusyaikh Hasyim Hasyari, serta kerabat lainnya.

Khofifah kemudian memanjatkan doa secara khusuk. Nah, pada ujung doa itulah terlihat air bening meleleh dari sudut mata Khofifah. Selanjutnya, menaburkan bunga di atas pusara presiden RI ke-4. Tangis Khofifah belum berhenti. Tetes air mata itu justru semakin deras ketika Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU ini menabur bunga di makam KH Hasyim Asyari.

Apakah karena Gus Dur belum mendapat anugerah pahlawan sehingga Khofifah menangis? Dia mengatakan, di maqbaroh (makam) terbaring jasad orang-orang besar. Termasuk tokoh sentral pertempuran 10 November 1945, yakni Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari. Pendiri NU itulah yang mengeluarkan resolusi jihad.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tebuireng Mensos

Berita Terkait

Bangsaonline Video