Mahasiswa Unej Temukan Obat Kanker Usus Besar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswa Unej Temukan Obat Kanker Usus Besar

Kamis, 05 November 2015 21:55 WIB

Ketua Tim Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember, Jawa Timur, Kinanthi Putri Rizki, Menunjukkan Ekstrak Kulit Buah Kakao Yang Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker Usus Besar. foto: kompas

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Tim mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember mampu meramu ekstrak kulit kakao menjadi obat kanker usus besar. Dengan temuannya ini, mereka meraih medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), di Kendari, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.

Tim mahasiswa Fakultas Mahasiswa Farmasi Universitas Jember terdiri dari Kinanthi Putri Rizki, Wahyu Wahidatur Rochmah, Nandan Gilang Cempaka dan Sugi Hartono. “Ide berawal dari keprihatinan saya dan teman-teman, di mana jumlah penderita kanker kolon atau kanker usus besar, di Indonesia, jumlahnya sangat tinggi,” kata Ketua tim, Kinanthi Putri Rizki, Kamis (5/11).

Kinanthi mengatakan, setelah dilakukan penelitian, ternyata kanker usus besar bisa disembuhkan dengan senyawa pektin. “Kami terus mencari senyawa pektin ini ada di mana? Ternyata ada di kulit buah kakao. Apa lagi, jumlah buah kakao banyak sekali,” jelas dia.

Selama ini, buah kakao hanya dimanfaatkan bijinya. Sementara kulitnya dibuang begitu, atau hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. “Teryata, setelah kami mengadakan penelitian, buah kakao ada manfaat besar dari ekstrak kulit kakao ini,” kata mahasiswi semester tujuh ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Unej Kesehatan

Berita Terkait

Bangsaonline Video