Anak Rinjani 'Meraung', Ratusan Penerbangan Dibatalkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Anak Rinjani 'Meraung', Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Kamis, 05 November 2015 02:16 WIB

Gunung Barujari yang mengalami erupsi. Abu vulaknik gunung tersebut mengganggu penerbangan di sejumlah bandara.

LOMBOK, BANGSAONLINE.com - Gunung Barujari, Anak Rinjani, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kembali meletus pada Selasa, 3 November 2015. Akibat letusan tersebut, sebanyak 692 penerbangan domestik dan internasional dari dan ke Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibatalkan sejak Selasa, 3 November 2015, hingga Kamis, 5 November 2015, pukul 08.45 WITA, karena bandara terpapar debu vulkanik. Tak hanya di Ngurah Rai, Bali, sebanyak 35 penerbangan di Bandara Juanda juga terganggu.

Legal and Communication Head PT Angkasa Pura I, Liza Anindya, mengatakan akibat erupsi Gunung Barujari di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, puluhan penerbangan dari dan menuju ke Bandara Internasional Juanda, Surabaya, mengalami gangguan.

Liza menyebut ada 35 penerbangan yang terganggu. Rinciannya ialah 16 penerbangan tujuan Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali; dua penerbangan tujuan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi; dan satu penerbangan tujuan Bandara Notohadinegoro, Jember.

Adapun penerbangan menuju Bandara Internasional Juanda yang terganggu, antara lain, 13 penerbangan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dua dari Bandara Blimbingsari, dan satu dari Bandara Notohadinegoro.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Rinjani Mutaharlin mengatakan, saat meletus pada Selasa (3/11) pukul 08.30 WIB, sebaran abu dalam waktu lima menit sudah mencapai Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara atau Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Sementara tenaga ahli kebencanaan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono mengatakan, letusan tersebut hanya bersifat raungan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   gunung rinjani

Berita Terkait

Bangsaonline Video