Tragedi Mina: Tim PPIH Identifikasi Jenazah, Jemaah Koma, maupun Sadar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tragedi Mina: Tim PPIH Identifikasi Jenazah, Jemaah Koma, maupun Sadar

Senin, 05 Oktober 2015 11:21 WIB

Ketua Tim DVI Kombes dr. Mas’udi. foto: kemenag

MAKKAH, BANGSAONLINE.com - Tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dengan Tim Disaster Victim Identification (DVI) melakukan rapat koordinasi di Daker Makkah, Minggu (04/10) malam.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Abdul Djamil menjelaskan bahwa rapat koordinasi dua tim ini dilakukan untuk membahas kelanjutan proses identifikasi jenazah jamaah Indonesia yang menjadi korban Mina, khususnya yang sampai saat ini belum bergabung dengan kloternya.

Rilis terakhir PPIH Arab Saudi menyebutkan bahwa masih ada 28 jemaah Indonesia yang dilaporkan belum kembali dan bergabung dengan kloternya. Sementara jenazah jamaah Indonesia yang sudah berhasil diidentifikasi sampai dengan Minggu pagi berjumlah 95 orang. Selain itu, tim PPIH juga berhasil mengidentifikasi 5 jenazah warga Negara Indonesia (WNI) yang mukim di Arab Saudi.

“Kami terus-menerus akan melakukan proses-proses untuk memperoleh kejelasan terhadap saudara-saudara kita yang hingga saat ini belum bergabung dengan kloternya melalui upaya kita menyisir rumah sakit yang ada di Makkah, Thaif, termasuk juga yang di Jeddah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan proses-proses untuk mengetahui lebih lanjut pada kantor yang menangani kondisi darurat di Muashim,” jelas Abdul Djamil dalam kesempatan jumpa pers bersama Ketua Tim DVI Konbes Masudi usai rapat di Daker Makkah, Minggu malam.

Menurutnya, proses identifikasi memerlukan waktu yang cukup karena membutuhkan profesionalitas dalam mengidentifikasi jamaah peristiwa Mina. Untuk itu, Djamil menyambut kehadiran tim DVI Mabes POLRI yang akan bersinergi dengan tim PPIH dalam rangka membantu proses identifikasi dan pengenalan korban peristiwa Mina.

“Rapat koordinasi pada malam hari ini akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan berikutnya pada bidang-bidang dan pusat-pusat yang diharapkan bisa memperoleh dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan,” ujar Djamil.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: kemanag

 

sumber : kemanag

 Tag:   haji

Berita Terkait

Bangsaonline Video