Said Aqil Anggap Konsep Aswaja Mbah Hasyim Menggelikan, Ini Pendapat Gus Solah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Said Aqil Anggap Konsep Aswaja Mbah Hasyim Menggelikan, Ini Pendapat Gus Solah

Senin, 28 September 2015 01:09 WIB

Para kiai dalam acara napak tilas pendirian NU di Pesantren Assidiqi Putera (Astra) Jember Jawa Timur, Ahad (27/9/2015). Foto: BANGSAONLINE

JEMBER, BANGSAONLINE.com - KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah) mengaku ditanya wartawan soal pernyataan KH Said Aqil Siraj yang menganggap konsep Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) hasil karya Hadratussyaikh Hasyim Asy' ari sangat sederhana dan menggelikan.

Pernyataan Said Aqil yang menghebohkan itu bermula dari buku karya Said Aqil yang berjudul Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis (Jakarta: Pustaka Cendikia Muda, 2008). Dalam buku itu Said Aqil selain cenderung meremehkan Mbah Hasyim juga mengajukan konsep Aswaja yang cenderung netral sehingga tak punya karakteristik ke-NU-an seperti konsep Mbah Hasyim.

(Baca juga: Napak Tilas Pendirian NU, yang Semula Menolak AHWA, Jadi Paling Aktif Kampanye AHWA)

Menurut Gus Solah, Mbah Hasyim -panggilan Kiai Hasyim Asy'ari - membuat konsep Aswaja yang sekarang jadi pedoman dan ajaran NU itu sengaja dengan sederhana agar gampang dimengerti dan dipahami sehingga banyak orang yang mengikuti ajaran NU.

"Mbah Hasyim bukan tak bisa membuat konsep Aswaja yang ndakik- ndakik dan rumit. Tapi kalau sulit dipahami maka masyarakat gak ngerti dan tak ada yang ikut NU. Jadi bukan konsep Mbah Hasyim yang menggelikan tapi pendapat Pak Said Aqil yang menggelikan," tegas Gus Solah dalam acara Napak Tilas pendirian NU di Pesantren Assidiqiyah Putera (Astra) Jember Jawa Timur, Ahad (27/9/2015).

(Baca juga: Napak Tilas NU, KH Malik Madani: Kiai Ma’ruf Amin Langsung Menulis, Langsung Salah)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   muktamar-nu

Berita Terkait

Bangsaonline Video