Pj Gubernur Jatim Sebut Bantuan Alsintan Bentuk Komitmen Tingkatkan Produksi Pertanian di Daerah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pj Gubernur Jatim Sebut Bantuan Alsintan Bentuk Komitmen Tingkatkan Produksi Pertanian di Daerah

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 14 Mei 2024 22:40 WIB

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat mendampingi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di upacara pelepasan Brigade Alsintan. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, mendampingi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di upacara pelepasan Brigade Alsintan dalam rangka perluasan areal tanam dan peningkatan produksi pertanian di Merauke dari Koarmada II Surabaya, Selasa (14/5/2024).

Pelepasan alsintan secara simbolis ditandai dengan pelepasan tali jangkar. Bantuan alsintan yang kali ini diberikan berupa traktor roda 4 sebanyak 52 unit, combine harvester sebanyak 10 unit, dan transplanter sejumlah 10 unit. Sejumlah bantuan tersebut akan diangkut dengan menggunakan KRI Soeharso menuju Merauke.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Adhy menyampaikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian () adalah bentuk komitmen dari pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah. Diketahui, baru-baru ini, juga memberikan bantuan alsintan untuk Jawa Timur.

"Saya bersama Forkopimda Jatim mendampingi Pak Menteri melakukan kunker di Jawa Timur melepas bantuan alsintan menuju Merauke. Tentunya ini bantuan alsintan yang diberikan Pak Menteri adalah bentuk komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan produktivitas pertanian di daerah-daerah di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya Jawa Timur juga telah menerima bantuan bantuan alsintan benih jagung hibrida dan benih padi inbrida dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, satu bulan yang lalu.

Total bantuan yang diterima berupa benih jagung hibrida sejumlah 1.301.265 kg dan benih padi inbrida sejumlah 6.150.000 kg senilai Rp 161.715.900.000,-. Selain itu juga diterima bantuan sebanyak 3.700 Unit Pompa Air dan DAM Parit senilai 124.223.000.000.

"Dengan pompanisasi kami ingin bisa sama-sama menjamin atas bantuan 3.700 pompa air bisa meningkatkan hasil produksi padi kita nantinya," kata Adhy.

Pj. Gubernur Jatim menambahkan, beberapa sawah di Jawa Timur adalah jenis sawah tadah hujan dimana proses pengairannya bergantung pada tingkat curah hujan. Oleh sebab itu, bantuan alsintan yang diterima Jawa Timur sangat membantu sekali untuk meningkatkan produktivitas petani.

"Beberapa sawah statusnya adalah sawah tadah hujan oleh karena itu kalau ada bantuan pompa itu sangat luar biasa sangat membantu," ungkap dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video