Sosialisasi Tahapan Pilkada Belum Merata, KPU Diminta Proaktif Turun ke Bawah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sosialisasi Tahapan Pilkada Belum Merata, KPU Diminta Proaktif Turun ke Bawah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Senin, 06 Mei 2024 22:40 WIB

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sosialisasi jadwal tahapan pilkada serentak yang dilakukan KPU, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah dinilai belum menyentuh lapisan masyarakat bawah.

Hal itu disampaikan oleh Anjar Supriyanto, Ketua LSM Gerakan Pemuda Peduli Pengamat Hukum (GP3H). Pria asal Kecamatan Gempol yang pernah mencalonkan bupati ini mengaku melakukan survei ke beberapa desa. Hasilnya, masyarakat banyak yang belum tahu soal tahapan pilkada.

"Kita sudah turun ke desa-desa, ternyata tidak semua masyarakat mengetahui informasi itu, apalagi paham soal pilkada serentak di 2024. Ini gambaran bahwa sosialisasi KPU masih belum menyentuh lapisan bawah," tuturnya.

Dengan anggaran yang cukup besar, Anjar meminta KPU Kabupaten  lebih proaktif melakukukan sosialisasi. Ia menyarankan penyelenggara pemilu menggandeng ormas atau tokoh masyarakat di masing-masing, agar informasi tentang pilkada dapat sampai ke masyarakat tingkat bawah.

Sementara Zainul Faizin, Ketua KPU Kabupaten , saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi tahapan pada akhir Ramdhan kemarin bekerja sama dengan rekan-rekan media.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video