20 Calon Jemaah Haji Lansia Asal Tuban Gagal Berangkat ke Tanah Suci | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

20 Calon Jemaah Haji Lansia Asal Tuban Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Kamis, 02 Mei 2024 21:14 WIB

Manasik haji dan umroh di Lapangan Graha Sandia, Kecamatan Merakurak, Kamis (2/4/2024).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 20 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten dipastikan gagal berangkat tahun 2024 ini. CJH yang gagal berangkat tersebut rata-rata adalaah lanjut usia (lansia).

"Dari 29 calon jemaah haji lansia, yang berangkat hanya 9 orang, sedangkan sisanya tidak berangkat," kata Kepala Kemenag , Hj Umi Kulsum usai memantau kegiatan manasik haji dan umroh di Lapangan Graha Sandia, Kecamatan Merakurak, Kamis (2/4/2024).

Kata dia, 20 CJH yang gagal berangkat tersebut lantaran ada yang sudah meninggal dunia, sedang sakit, gangguan kesehatan, dan istithaah atau syarat ketentuan kesehatan yang tidak diizinkan oleh dinas kesehatan.

Adapun CJH asal Kabupaten yang berangkat tahun ini ada 1.163 orang dengan rincian 620 jemaah perempuan dan 543 orang jemaah laki-laki.

"Untuk CJH tertua bernama Sripa, usianya 94 tahun asal Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel. Sedangkan, jemaah termuda usia 19 tahun bernama Sofi Diana Anggraeni asal Plumpang," kata Umi.

Mantan Ketua Fatayat NU itu menjelaskan, rangkaian kegiatan pada bimbingan kali ini dilakukan secara lengkap, baik umroh haji dan praktik pelaksanaan haji.

Sebelumnya, para CJH juga telah mendapatkan bimbingan manasik di Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) 16 kali dan pemantapan di KUA sebanyak 6 kali.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video