Amankah Kopi untuk Lansia? Ini Penjelasannya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Amankah Kopi untuk Lansia? Ini Penjelasannya

Editor: Annisa'a Ambarnis
Kamis, 02 Mei 2024 11:00 WIB

Amankah Kopi untuk Lansia? Ini Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Beberapa pria atau wanita paruh baya rutin mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas. Namun, apakah kopi aman untuk lansia?

Dilansir dari Mayo Clinic, minuman berkafein seperti kopi tergolong aman dikonsumsi oleh lansia, asal tidak berlebihan.

Beberapa hasil studi juga menunjukkan bahwa kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Samantha Gardener, PhD yang merupakan seorang peneliti di Edith Cowan University Australia meneliti kaitan kopi dengan penurunan risiko Alzheimer. Samantha menyebutkan bahwa minum kopi sebanyak 1-2 cangkir bisa meningkatkan fungsi eksekutif yang meliputi aktivitas seperti manajemen waktu, perencanaan dan memori kerja.

Dilansir dari Todays Geriatric Medicine, kopi memiliki zat bioaktif seperti senyawa fenolik dan mineral dengan berbagai efek antioksidan dan anti inflamasi yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Hal itu menyebabkan, minum kopi bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada lansia maupun dewasa muda, asal tidak diberi tambahan gula, sirup perasa atau krimer kental manis.

Selain itu, hasil studi yang dilakukan AARP dan National Institutes of Health menjelaskan bahwa orang lansia yang rutin minum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah secara keseluruhan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video