dr. Erlyati Beber Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ginjal Kronis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

dr. Erlyati Beber Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ginjal Kronis

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Rabu, 01 Mei 2024 20:28 WIB

dr. Muhamad Mujib, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Moh. Anwar Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Penyakit ginjal kronis adalah masalah kesehatan dengan beban biaya pengobatan yang tinggi. Hal itu disampaikan Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erlyati, saat membuka penyuluhan tentang pencegahan penyakit ginjal di depan puluhan para pasien ginjal di ruang hemodialisis (HD) rumah sakit setempat.

Dalam paparannya, Erlyati menjelaskan bahwa penyakit ginjal kronis dapat dicegah dengan melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan tata laksana hipertensi dan diabetes melitus sesuai standar.

Di antaranya, dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Adapun apabila sudah terlanjur terkena penyakit ginjal, Erlyati meminta agar pasien mengikuti anjuran dokter.

"Atasi penyakit dengan pengobatan yang tetap dan teratur, tetap diet sehat dengan gizi seimbang, upayakan beraktivitas fisik dengan aman dan hindari rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya," ujarnya di depan puluhan pasien ginjal kronis yang saat itu sedang melakukan cuci darah.

Erlyati juga menyampaikan batapa pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal melalui pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan gula darah secara rutin.

Penyuluhan itu menghadirkan narasumber dr. H. Moh. Mujib, dokter spesialis penyakit dalam di RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep. Dokter mujib sudah menggeluti dan membidangi penyakit dalam di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Sumenep itu sejak tahun 2002.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video