DPRD Gresik Desak PJB Hentikan Proyek Pemasangan Pipa Gas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DPRD Gresik Desak PJB Hentikan Proyek Pemasangan Pipa Gas

Senin, 10 Agustus 2015 16:38 WIB

Ketua RW 3 dan Warga Kembangan saat menghentikan proyek pipa gas PT PJB. (foto: syuhud/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sikap arogansi pihak proyek pemasangan pipa gas PT di depan Komplek Perumahan Kembangan Regency, Dusun Srembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, mendapat reaksi dari kalangan DPRD Gresik. Lembaga wakil rakyat tersebut mendesak pihak PT agar menghentikan proyek pemasangan pipa gas tersebut.

"Sebab, pihak atau perusahaan yang mengerjakan proyek pipa gas tidak minta izin dan lakukan sosialisasi kepada warga sekitar," kata Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid, Senin (10/8).

Menurut Hamid, proyek apapun yang akan didirikan di sekitar permukiman, maka pihak proyek harus terlebih dulu meminta izin tetangga kanan kiri, atau warga sekitar. Cara yang ditempuh, bisa dengan lakukan sosialisasi atau cara lain. Langkah ini dilakukan agar masyarakat sekitar mengetahui, proyek jenis apa yang akan didirikan di sekitar lingkungan mereka.

Oleh karena itu, lanjut Hamid, dalam perizinan suatu kegiatan seperti membangun gedung dan lainnya, di BPPM (Badan Perizinan dan Penanaman Modal) Pemkab Gresik, ada izin awal (dasar), yakni IPR (Izin Peruntukan Ruang). Izin ini bertujuan untuk memastikan, apakah tata ruang yang ada diperbolehkan untuk kegiatan atau membangun usaha yang akan dilakukan.

"Di BPPM Gresik tidak akan bakal mau mengeluarkan izin suatu usaha atau kegiatan yang ditolak masyarakat sekitarnya. Saya kira sama, izin di pemerintah pusat pun seperti itu," terang Hamid.

Karena itu, DPRD Gresik sangat welcome jika warga Kembangan mengadukan persoalan pemasangan pipa gas milik , yang sebelumnya tanpa minta izin dan lakukan sosialisasi kepada warga sekitar. "Silahkan diadukan ke DPRD. Nanti kita agendakan hearing (dengar pendapat) dengan komisi terkait. Kami akan panggil pihak-pihak terkait proyek tersebut," pinta Hamid. (Baca juga: Warga Kembangan Gresik Hentikan Paksa Proyek Pipa Gas )

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   PJB

Berita Terkait

Bangsaonline Video