Longsor di Mojokerto, Warga Diimbau Relokasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Longsor di Mojokerto, Warga Diimbau Relokasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Anatasia Novarina
Senin, 22 April 2024 16:22 WIB

Forkopimcam Dlanggu saat mengimbau warga untuk relokasi akibat longsor.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Forkopimcam Dlanggu meminta warga direlokasi sementara, karena terdapat 8 rumah yang berisiko terdampak longsor dari tebing di Sungai Raharjo Tirto dengan tinggi 30 meter. Lokasinya berada di Dusun Ketangi, Desa Ngembeh, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Camat Dlanggu, Achmad Samsul Bakrie, mengatakan bahwa kondisi tanah yang tergerus sejak 10 tahun terakhir semakin mengkhawatirkan pada Maret 2024. Pihaknya berencana melakukan relokasi sementara ke rumah-rumah warga, dan balai dusun yang dirasa aman.

Dari 8 rumah terdampak, ada 7 bangunan yang berada di atas tebing dan lapisan tanah material setiap hari kini mengalami longsor. Sedangkan, satu rumah lainnya mengalami keretakan dinding parah dan tersisa tanah hanya sekitar satu meter dari tebing.

"Untuk keamanan warga, kita sudah koordinasi dengan Kapolsek, Koramil dan Pak Kades. Jadi kalau memang dibutuhkan, 8 rumah ini jika malam hari bisa menginap di tetangga dan fasilitas lainnya. Seperti balai dusun, jika memang perlu bisa juga koordinasi dengan BPBD untuk menyediakan tenda darurat," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

Terkait upaya penanganan tebing yang membahayakan, Camat Dlanggu bersama sejumlah pihak terkait telah beberapa kali melakukan survei. Terakhir, informasi telah dilaporkan ke Bupati Mojokerto pada Sabtu (6/4/2024)/

Namun, tindak lanjut haruslah ke BBWS karena wilayah tebing berada di aliran sungai yang menjadi wewenang pihak dimaksud. Alhasil, masih belum ada titik terang upaya nyata apa yang harus dilakukan agar tebing tidak semakin longsor.

"Kemarin (20/4/2024) juga BBWS sudah ke lokasi. Dan berharap semoga segera ada tindak lanjut, karena sudah sangat mengkhawatirkan," kata Achmad.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video