Pembangunan Jembatan Jongbiru Kediri Diperkirakan Meleset dari Target Penyelesaian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembangunan Jembatan Jongbiru Kediri Diperkirakan Meleset dari Target Penyelesaian

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 22 April 2024 13:13 WIB

Pembangunan jembatan Jongbiru Kediri yang terus dikebut. (Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE)

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pembangunan jembatan jongbiru di atas sungai Brantas diperkirakan penyelesaiannya meleset dari target.

Sebelumnya jembatan yang akan menghubungkan Kabupaten sisi timur dan Kota sisi barat itu diprediksi rampung pada Mei 2024.

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, terlihat rangka jembatan yang sudah terpasang baru sekitar 50-60 persen. 

Selain itu, satu pondasi jembatan, terlihat masih dalam proses pembangunan. Namun begitu para pekerja nampak terus bekerja guna mengejar target.

Seperti diketahui, target penyelesaian pembangunan Jembatan Jongbiru disampaikan oleh Pemprov Jatim melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan sendiri telah dilakukan oleh Bupati Himawan Pramana, pada tanggal 23 November 2023 lalu.

Waktu itu, Mas Dhito, sapaan putra Menseskab Pramono Anung tersebut, mengatakan bahwa jembatan dengan panjang 133 meter ini merupakan konektivitas penyangga menuju akses bandara.

Selama kurang lebih 6 tahun, jembatan yang sebelumnya juga digunakan oleh PG Mrican untuk jalan lori pengangkut tebu itu terputus. 

Masyarakat yang hendak lewat dari arah timur atau barat harus berputar menuju Jembatan Semampir.

Dhito berharap ketika tol dan bandara beroperasi, jembatan itu dapat mempercepat akses masyarakat. Sehingga bisa memangkas jalan mobilitas dan menunjang distribusi ekonomi.

"Saya berharap proses pembangunan eks Jembatan Mrican ini bisa tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran sesuai dengan target dan rencana yang telah ditentukan," ucapnya.

Bu Sri, salah satu warga Jongbiru, mengatakan bahwa proyek pembangunan ini memang ditargetkan selesai pada bulan Mei 2024 ini. 

"Tapi, target itu kayaknya tidak bisa dipenuhi, mengingat saat ini lagi musim hujan,"kata Bus Sri, Senin (22/4/2024).

Sedangkan, Rohmat, warga yang lain, menambahkan bahwa pada bulan Mei 2024 ini, dipastikan Jembatan Jongbiru belum selesai. Bisa saja proses pembangunan terkendala oleh musim hujan dan sewaktu-waktu juga bisa meluap.

"Saya dengar targetnya diundur sampai bulan Agustus 2024. Pokoknya tahun ini harus selesai, begitu informasi yang saya peroleh dari pekerja proyek," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video