Komisi IV DPRD Gresik Dalami LKPj Kepala Daerah 2023 Bersama OPD Mitra | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komisi IV DPRD Gresik Dalami LKPj Kepala Daerah 2023 Bersama OPD Mitra

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kamis, 18 April 2024 21:44 WIB

Komisi IV DPRD Gresik saat membahas LKPj kepala daerah 2023 dengan OPD mitra. Foto: SYUHUD/HB

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi IV melakukan pendalaman laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah tahun 2023, Kamis (18/4/2024).

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi IV, Mohammad, tersebut mengundang sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) mitra. Yaitu, RSUD Ibnu Sina; dinas sosial (dinsos); dinas keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak (KBP3A); dinas perpustakaan dan arsip, dinas pariwisata, ekonomi kreatif, kebudayaan, pemuda, dan olahraga (disparekrafparbud); serta dinas pendidikan.

Mohammad menyampaikan, pendalaman materi LKPj kepala daerah tahun 2023 untuk mengevaluasi kinerja OPD mitra. Mulai program dan serapan anggaran yang dilakukan masing-masing OPD mitra.

"Kita tanyakan pelaksanaan program masing-masing OPD pada tahun 2023, mulai perencanaan, pelaksanaan, target, dan capaian serta serapan anggaran," ucap Mohammad kepada HARIAN BANGSA.

Dalam pendalaman LKPj kepala daerah tahun 2023, Komisi IV mendapatkan penjelasan dari kepala OPD soal program yang dijalankan selama setahun.

"Rata-rata capaian kinerja masing-masing OPD 90 persen," katanya.

Namun demikian, kata Mohammad, ada sejumlah catatan Komisi IV. Antara lain di dinas pendidikan. Ada 50 persen atau Rp70 miliar anggaran bantuan bos daerah (bosda) tahun 2023 belum dibayarkan, karena terkendala anggaran.

"Yang bisa dibayarkan tanpa merubah nomenklatur dan merubah peraturan bupati (perbup) adalah bosda untuk sekolah negeri, SDN, dan SMPN," tuturnya.

Namun, bosda untuk lembaga swasta bisa tetap dicairkan dengan merubah nomenklatur dan perubahan peraturan bupati (perbup).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video