96 Bus Mudik Bareng Gratis Diberangkatkan, Pj. Gubernur Adhy Harap Tahun Depan Armada Meningkat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

96 Bus Mudik Bareng Gratis Diberangkatkan, Pj. Gubernur Adhy Harap Tahun Depan Armada Meningkat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 07 April 2024 16:32 WIB

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat menyapa peserta program mudik dan balik gratis di dalam bus.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, , secara langsung memberangkatkan 96 unit bus dengan total 3.840 penumpang dalam acara “ 1445 Hijriah” di depan Kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur, Jalan A. Yani, Surabaya, Ahad (7/4) pagi tadi.

Pemberangkatan bus ditandai dengan pengibaran bendera oleh Pj. Gubernur Adhy, didampingi oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemiarsono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Nyono, serta Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Tamrin Silalahi.

Adhy mengaku bangga Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali bisa mempersembahkan program mudik dan balik gratis tahun ini. Antusiasme masyarakat terhadap program ini sangat tinggi, sehingga pemerintah berencana untuk terus meningkatkan jumlah armada bus yang tersedia.

“Kami bangga dapat menyelenggarakan mudik gratis ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat. Meskipun demikian, kami merasa masih kurang karena animo masyarakat sangat tinggi. Sebagai contoh, mudik gratis dari Jakarta yang awalnya menggunakan 23 bus, ternyata ditambah lagi menjadi 27,” ujarnya.

Pj. Gubernur Adhy menegaskan bahwa hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun depan. Ia berharap ada partisipasi dan sinergi dari seluruh lapisan masyarakat serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

“Semoga tahun depan jumlahnya lebih banyak lagi dan ada partisipasi dari dunia usaha atau masyarakat yang mampu. Kolaborasi dari pemda baik kabupaten maupun kota yang menyumbangkan bus juga sangat penting. Karena pada dasarnya, ini adalah program untuk seluruh masyarakat, termasuk bupati dan wali kota,” tambahnya.

Antusiasme masyarakat dalam mudik kali ini, menurut Adhy, disebabkan oleh liburan yang istimewa karena durasinya yang lebih panjang. Ini memungkinkan waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak dan berkesan.

"Makanya yang pulang kampung itu melonjak tinggi sampai 16,2 persen. Jadi dari 40 juta warga Jatim, orang yang mudik 31,2 juta orang, lebih dari tiga perempatnya. Ini perlu ada antisipasi secara umum dan infrastruktur dengan semua kewenangan," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video