Antisipasi Penumpukan Lalu Lintas, Dishub Kota Mojokerto Andalkan ATCS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Antisipasi Penumpukan Lalu Lintas, Dishub Kota Mojokerto Andalkan ATCS

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Selasa, 26 Maret 2024 14:52 WIB

Ruang ATCS Dishub Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota menyiapkan sejumlah opsi untuk mengantisipasi lonjakan perjalanan mudik dan balik pada lebaran tahun ini. Upaya mengurai penumpukan arus lalu lintas tersebut yakni dengan menempatkan petugas di ruang kontrol CCRoom Area Traffic Control Sistem (ATCS).

Kepala Dishub Kota , Endri Agus Subianto, mengatakan bahwa di ruang alat pemberi isyarat lalu lintas, pihaknya mengendalikan 21 titik yang terdiri dari 12 simpang dan 9 titik simpang, serta ruas jalan dengan kamera pantau. 

"Tahun 2024 kami juga melakukan penambahan sebanyak 1 titik lokasi ATCS di simpang jalan Brawijaya jalan Prapanca dan kamera pemantau kondisi lalu lintas 3 titik di simpang jalan Empunala jalan Randugede, simpang jalan Mojopahit - jalan Raden Wijaya dan jalan Mojopahit - jalan Brawijaya)," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (26/03/2024).

Ia menyebut, Dishub Kota bakal menempatkan petugas pada pos terpadu untuk melakukan pengaturan lalu lintas jika pengendalian melalui ATCS sudah tidak dapat mengakomodir peningkatan volume lalu lintas. Caranya yakni dengan melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan.

Berikutnya adalah melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan. Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub memprediksi terjadinya lonjakan pada masa angkutan Lebaran tahun ini. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video