Di Pamekasan, Khofifah Pesankan Pentingnya Kedermawanan Orang Kaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Pamekasan, Khofifah Pesankan Pentingnya Kedermawanan Orang Kaya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 26 Maret 2024 14:34 WIB

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat silaturahmi dengan belasan ribu masyarakat dan petani tembakau di Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP , Indar Parawansa, membaur bersama belasan ribu masyarakat se- dalam silaturahmi dan buka bersama yang diinisiasi oleh pengusaha tembakau KH Khairul Umam, di Gudang Induk Blumbungan, Senin (25/3/2024).

Puluhan ribu masyarakat yang hadir itu tak lain terdiri dari para Ulama , para kiai kampung, kalangan pengusaha, pedangang, dan petani tembakau se- yang sengaja didatangkan langsung oleh pengusaha tembakau yang akrab dikenal sebagai Kaji Her tersebut.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh pendakwah kondang KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab dikenal itu, memberikan sedikit sambutan dengan menukil hadist Rasulullah yang membahas tentang tegaknya kehidupan dunia dengan 4 hal, pertama dengan ilmunya ulama, kedermawanan orang yang kaya, do'a nya para fuqoro' dan adilnya pemimpin .

“Rasulullah bersabda bahwa Kokohnya kehidupan dunia dengan empat hal, yaitu: ilmunya ulama, keadilan para pemimpin (umara), kedermawanan orang-orang kaya, dan doanya orang-orang fakir,” ujarnya.

“Maka seandainya tidak ada ilmunya ulama, sungguh rusaklah orang-orang yang bodoh; sekiranya tidak ada keadilan para pemimpin, sungguh sebagian manusia akan memakan sebagian manusia lainnya; dan sekiranya tidak ada kedermawanan orang-orang kaya, sungguh rusaklah orang-orang fakir; dan sekiranya tidak ada doanya orang-orang fakir, sungguh akan rusaklah orang-orang kaya,” paparnya menambahkan.

Dikatakan , untuk ilmunya ulama, di Indonesia telah banyak ulama yang ilmunya sudah mencapai maqom yang tinggi. Sehingga insya Allah bangsa Indonesia kokoh karenanya. Berikutnya kepemimpinan yang adil, juga telah banyak ditunjukkan oleh banyak tokoh pemimpin negeri.

Namun untuk kedemawanan orang kaya, hal ini harus terus dibangun dan dikuatkan diantara umat muslimin dan muslimat. Bahwa kedermawanan juga menjadi elemen penting yang disebut Rasulullah adalah satu diantara empat pengokoh kehidupan di dunia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video