Jelang Idulfitri 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sediakan Uang Layak Edar Rp4,8 Triliun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Idulfitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sediakan Uang Layak Edar Rp4,8 Triliun

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 25 Maret 2024 11:28 WIB

Seorang warga usai melakukan penukaran uang di mobil kas keliling BI. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (KPwBI) telah mempersiapkan (ULE) untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Hal ini dilakukan memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan , Moch. Choirur Rofiq, menjelaskan, persediaan untuk penukaran uang pada ramadhan dan hari hari Idulfitri tahun ini, mencapai Rp4,8 triliun. 

Jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 7% dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp4,5 triliun.

"Antisipasi kenaikan jumlah ULE yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat,"ucap Choirur Rofiq, di kawasan GOR Jayabaya, Kota , lokasi penukaran uang, Senin (25/3/2024).

Untuk mendukung layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat, lanjutnya, Kantor Perwakilan Bank Indoensia bersama perbankan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah dengan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang Rupiah di seluruh wilayah kerja BI yaitu wilayah Raya dan .

"Kantor Perwakilan juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital,"imbuhnya.

Menurut Choirur Rofiq, seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

Kegiatan ini dilakukan melalui penyelenggaraan kas keliling, penukaran terpadu bersama perbankan, dan penukaran melalui kantor cabang bank umum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video