BPBD Jatim: Gempa Rusak Puluhan Bangunan, 2 Orang Luka Ringan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPBD Jatim: Gempa Rusak Puluhan Bangunan, 2 Orang Luka Ringan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 22 Maret 2024 21:04 WIB

Bangunan rusak akibat gempa yang melanda Jawa Timur hari ini, Jumat (22/3/2024).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gempa susulan berkekuatan magnitudo 6,5 dengan pusat gempa di 132 km Timur Laut mengakibatkan kerusakan puluhan bangunan, dan 2 orang mengalami luka ringan. Berdasarkan data dari BPBD Jatim, gempa susulan terjadi pada Jumat (22/3/2024) pukul 15:52:58 WIB dengan pusat kedalaman gempa pada 10 km di bawah laut.

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, mengatakan bahwa setelah terjadinya gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,9 hingga 6 yang terjadi pukul 11:22:45 WIB, ada sebanyak 58 kali gempa susulan.

Ia menyatakan, total dampak kerusakan antara lain rumah rusak ringan ada 10 unit, rumah rusak sedang ada 1 unit, gedung sekolah ada 2 unit, rumah sakit ada 2 unit, bangunan Ponpes ada 1 unit, Kantor Desa ada 1 unit, tempat ibadah ada 1 unit, kandang ternak ada 1 unit, dan Gedung ada 1 unit.

“Korban ada dua orang yang mengalami luka ringan yaitu Hasi'ah, 71 tahun, alamat Desa Tambak, Kecamatan Tambak, Kabupaten , mengalami sobek dibagian kepala tertimpa genting roboh. Kemudian ada Mohayaroh, 28 tahun, alamat Tanah Merah 2-B/7-B, Rt 003/Rw 004, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota , luka di bagian kaki tertimpa material,” paparnya.

Gatot menyebut, gempa dirasakan di berbagai daerah di Jatim mulai dari skala III hingga IV MMI yang dirasakan di Pulau Bawean, Kabupaten . Kemudian skala III MMI dirasakan di Kota , Kabupaten , dan Kabupaten .

Kemudian skala II - III MMI dirasakan di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto.

Lalu skala II MMI di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Batu. Kemudian dirasakan sekala I MMI di Kota Kediri.

Selanjutnya Skala II MMI di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Kemudian, III MMI di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. IV MMI dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi, dan V MMI getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Berikut bangunan yang terdampak gempa hari ini:

1. Kecamatan Sangkapura

a. Desa Sungairujing: sekolah: 1 unit (SMAN 1 Sangkapura) dan kantor desa: 1 unit (Kantor Desa Sungairujing)

b. Desa Kotakusuma: Sekolah: 1 unit (SD Muhammadiyah 1)

c. Desa Dekatagung: Rumah rusak ringan: 2 unit

d. Desa Sangkapura: Pondok pesantren: 1 unit

e. Desa Gunung Teguh: Masjid: 1 unit

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video