Buka Musrenbang RKPD 2025, Gus Ipul: Tiap Rupiah Harus Nyata Berdampak pada Kesejahteraan Rakyat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buka Musrenbang RKPD 2025, Gus Ipul: Tiap Rupiah Harus Nyata Berdampak pada Kesejahteraan Rakyat

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Supardi
Kamis, 21 Maret 2024 19:10 WIB

Para peserta Musrenbang RKPD 2025 di Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025, Kamis (21/3/2024).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa , menyampaikan bahwa pada 2025 merupakan gerbang penghubung dari akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pasuruan 2005-2025 untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Saya bersama Wakil Walikota dan Sekda telah turut berdiskusi dengan seluruh perangkat daerah untuk merancang segala program yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari RPJMD dan RKPD dari tingkat provinsi maupun program nasional,” ujarnya.

Dalam agenda tersebut, ia memaparkan terkait arah kebijakan yang dirumuskan, sekaligus menjabarkan apa saja yang harus dioptimalkan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pembangunan pada tahun 2025.

Dikatakan, setiap rupiah yang dikeluarkan untuk progam dan kegiatan yang telah dibuat harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat, guna menyelesaikan permasalahan kemiskinan, menekan inflasi, digitalisasi stunting, dan optimalisasi potensi investasi.

“Reformasi birokrasi bukan sebuah tujuan melainkan menjadi alat yang harus didorong agar terus berdampak. Untuk itu, saya mengajak untuk memahami pohon kinerja, dan proses bisnis termasuk diantaranya adalah bagaimana setiap rupiah yang kita keluarkan bisa berdampak pada pembangunan Kota Pasuruan dan turut mensejahterakan masyarakat,” kata

Dengan mengusung tema pembangunan di tahun 2025 yakni 'Memantapakan Kemandirian dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Serta Menjaga Stabilitas Sosial' ditetapkan Prioritas Pembangunan Kota Pasuruan yang meliputi 6 poin, yaitu:

1. Menjaga kualitas sumber daya manusia dalam mengakses pendidikan, kesehatan dan daya beli

2. Menjamin ketentraman dan ketertiban dengan kolaborasi seluruh stakeholder

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video