Gandeng Dinsos Jatim dan Gerkatin, Khofifah Tadarrus Bersama 80 Penyandang Tunarungu Wicara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng Dinsos Jatim dan Gerkatin, Khofifah Tadarrus Bersama 80 Penyandang Tunarungu Wicara

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 20 Maret 2024 21:38 WIB

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, tadarrus bersama penyandang tunarungu wicara.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP , Indar Parawansa, mengajak sebanyak 80 orang disabilitas tunarungu wicara untuk tadarrus bersama di kediamannya, Rabu (20/3/2024). Agenda tersebut bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Jawa Timur.

Puluhan disabilitas tunarungu wicara tersebut didatangkan dari klien binaan UPT Rehabilitasi Sosial Tunarungu Wicara Dinsos Jatim dan Gerkatin Jatim. Dalam kesempatan ini, para difabel membaca Alfatihah bersama, melantunkan kalimat-kalimat dzikir dan juga membaca sejumlah surat pendek. 

Semuanya itu dilakukan mereka dengan menggunakan bahasa isyarat menggunakan kedua tangan mereka. Bahkan lantaran sudah lancar membaca huruf hijaiyah, mereka sudah menggunakan Alquran biasa dalam mengaji.

Mengaji bersama para penyandang disabilitas tunarungu wicara siang ini begitu berbeda dan syahdu. Pasalnya, diitegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh para difabel dalam upayanya untuk bisa membaca Alquran begitu besar ikhtiarnya. Hal ini menjadi pengingat bersama bahwa yang sudah diberikan nikmat sehat justru sering tidak sempat untuk beribadah dan untuk belajar membaca Alquran.

“Apa yang kita saksikan bersama siang ini adalah apa yang sebetulnya disampaikan dalam Alquran Surat Ar Rahman. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan (fabiayyi ala - i robbikuma tukadzziban). Betapa mereka menunjukkan spirit of ramadhan yang begitu kuat untuk membaca dan mengamalkan Alquran,” kata .

“Kita bisa saksikan bahwa ada suasana bahagia terpancar dari wajah mereka. Sebab sebelumnya mereka tidak mengerti bagaimana caranya beribadah, berdzikir, wiridan hingga membaca Al Qur'an. Tapi oleh Gerkatin dan juga Dinas Sosial, yang mengajarkan membaca Al Qur'an untuk para penyandang tunarungu wicara hingga mahir seperti sekarang,” tegas .

Di bawah Gerkatin dan juga Dinas Sosial Jatim saat ini sudah ada sebanyak 50 unit kelompok di luar panti yang rutin melakukan pembelajaran membaca Al Qur'an untuk para penyandang disabilitas tunarungu wicara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video