Di Usianya ke-155 Tahun, Jembatan Brantas Lama Masih Kokoh Berdiri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Usianya ke-155 Tahun, Jembatan Brantas Lama Masih Kokoh Berdiri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 18 Maret 2024 15:56 WIB

Jembatan Brantas Lama, Kota Kediri, yang kini telah berusia 155 tahun. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada hari ini, Senin (18/3/2024), Jembatan Lama, Kota Kediri, berusia 155 tahun. Akses penghubung dengan panjang 160 meter, lebar 5,8 meter, dan ketinggian dari permukaan air yang mencapai 7,50 meter serta melintang di atas Sungai itu mulai dioperasikan Pemerintah Kolonial Belanda pada 18 Maret 1869.

Budayawan dan pemerhati sejarah di Kediri, Imam Mubarok, menjelaskan bahwa untuk mengenang dan memperingati Hari Ulang Tahun Jembatan Lama yang ke-155, pihaknya bersama komunitas sejarah di Kediri menggelar pameran foto dan keris di Taman Kota Kediri.

"Untuk memperingati HUT ke 155 Jembatan lama ini, selain menggelar selamat dan doa, juga digelar pameran foto tentang kisah jembatan () lama dengan konstruksi besi pertama di Jawa dan pameran pusaka (keris) dengan jumlah 155 buah, sesuai dengan usia Jembatan lama," kata Gus Barok, sapaan akrab pria yang juga penanggung jawab peringatan HUT ke 155 Jembatan lama itu, Senin (18/3/20224).

Sebenarnya, lanjut dia, yang paling urgensi dari kegiatan ini adalah bahwa jembatan yang kala itu bernama Brug Over Den te Kediri telah berusia 155 tahun. Dan, pada bulan Oktober 2022 lalu Jembatan ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat nasional dan ini satu-satunya cagar budaya tingkat nasional yang ada di Kediri .

Namun, lanjut dia lagi, sejak penetapan sebagai cagar budaya nasional, ada pertanyaan besar yang belum terjawab yaitu siapa yang harus merawat jembatan lama ini, karena ada aturan yang tumpang tindih. Seperti segala sesuatu untuk hal sekecil apapun yang terkait dengan kegiatan di jembatan lama itu, harus izin kepada Kemendikbud dan ristek.

"Jadi ini harus dipahami regulasi tentang jembatan ini, siapa yang harus bertanggung jawab sampai saat ini belum jelas,"tegasnya..

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video